Alasan Politik, Shaqiri Tak Dibawa ke Markas Red Star Belgrade
Berita Bola Liga Inggris

Alasan Politik, Shaqiri Tak Dibawa ke Markas Red Star Belgrade

Secara mengejutkan Jurgen Klopp ternyata tidak membawa Xherdan Shaqiri pada laga kedua melawan Red Star Belgrade pada lanjutan Liga Champions musim ini. Padahal penampilan Shaqiri di Liga Champions dapat dikatakan sangat impresif.

Namun nampaknya Klopp memiliki alasan khusus yang membuat dirinya harus meninggalkan Shaqiri di Inggris. menurut Klopp, lawatan Liverpool ke kandang Red Star Belgrade memiliki resiko yang tinggi terhadap keamanan Shaqiri. Pasalnya Shaqiri memiliki keturunan Albania-Kosovo yang saat ini masih memiliki konflik yang cukup panas dengan negara asal Red Star Belgrade.

Jurgen Klopp merasa jika keputusan untuk tidak membawa Shaqiri adalah murni karena ia tidak ingin hal buruk terjadi dan Klopp ingin para pemainnya fokus 100% pada pertandingan, bukan hal lain di luar lapangan.

“Ini merupakan situasi di mana kami mendatangi kota fantastis Belgrade sebagai sebuah tim sepakbola untuk bermain sepakbola. Kami sudah mendengar dan membaca spekulasi dan membicarakan mengenai sambutan yang akan diterima oleh Shaq dan meski kami tak bisa menyangka mengenai apa yang akan terjadi. Kami ingin pergi ke sana dan fokus 100 persen ke sepakbola dan tak harus berpikir mengenai hal lain, itu saja. Kami adalah Liverpool FC, sebuah klub besar, kami tak mempunyai pesan lebih dari itu. Kami tak punya pesan politik, jelas tidak. Kami ingin fokus pada pertandingan sepakbola yang hebat, terbebas dari semua hal,” ujar Jurgen Klopp.

Alasan politis seperti ini juga pernah terjadi pada Henrikh Mkhitaryan di Arsenal saat melakoni laga Europa League beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya Shaqiri sendiri pernah dihukum oleh FIFA karena menunjukkan simbol simbol politis saat berselebrasi ketika berhasil mencetak gol untuk tim nasional Swiss.

Berbagai kepentingan politik hingga segala bentuk unsur politik memang sangat dilarang dalam olahraga sepak bola. Namun dalam hal Shaqiri dan Red Star Belgrade, adalah keputusan yang tepat untuk Klopp tidak memaksakan untuk membawa Shaqiri karena resiko yang ada.

Leave a Reply