Argentina Jangan Bergantung Pada Messi Saja
Berita Bola

Argentina Jangan Bergantung Pada Messi Saja

Mantan penggawa tim nasional Argentina yang kini sudah pensiun dari dunia persepak bolaan, Juan Sebastian Veron memberikan nasehat kepada para juniornya di tim nasional untuk mengurangi ketergantungannya terhadap sang mega bintang Barcelona Lionel Messi. Hal ini diungkapkan Veron saat melihat perjalanan tim nasional Argentina dalam turnamen akber Piala Dunia 2018 Rusia yang lalu.

Argentina dikalahkan oleh Prancis di babak 16 besar dan akhirnya Prancis berhasil meraih gelar Juara setelah mengelahkan Kroasia di laga final. Kegagalan Argentina dalam turnamen tersebut dianggap disebabkan oleh kegagalan pelatihnya, Sampaoli dalam meracik timnya sehingga ampuh dalam menyerang dan dianggap masih sangat bergantung kepada Lionel Messi seorang. Veron menilai jika kini Argentina harus mulai belajar bermain tanpa Messi dan membangun skuat yang solid.

“Ini saatnya membangun sebuah tim. Tentu, jika Messi ingin [menjadi bagian tim nasional], mereka harus melibatkan dia sedikit demi sedikit. Saya rasa kami harus mempersiapkan dasar lagi dan memikirkan tentang sebuah tim, bukan memikirkan tentang seseorang yang dapat menyelamatkan kami,” ujar Veron.

Pernyataan Veron ini memang bukannya tanpa alasan, pasalnya timnas Argentina saja sudah berhutang banyak ketika Messi menyelamatkan muka Argenina ketika memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 yang lalu. Namun tidak selamanya Messi dapat menyelamatkan Argentina. Membangun tim yang kuat adalah sebuah keharusan jika Argentina ingin mengembalikan masa kejayaannya di kancah Dunia.

Hal ini juga dikarenakan usia Lionel Messi yang sudah tak lagi muda dan bisa jadi Piala Dunia tahun 2018 ini adalah penampilan terakhirnya di ajang tersebut. Messi juga sempat memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Argentina setelah gagal meraih gelar Copa Amerika tahun 2016 yang lalu, namun niat tersebut ia urungkan setelah mendpat bujukan dari berbagai pihak termasuk Diego Maradona sang legenda Argentina. Kini optimisme para penggemar timnas Argentina kembali timbul dengan ditunjuknya pelatih baru mereka yakni Lionel Scaloni dan Pablo Aimar sebagai pelatih sementara tim.

Leave a Reply