Aston Vila Terjebak Dalam Tagihan Pajak Sebesar £ 4.2m Yang Mengancam Administrasi Club
Berita Bola Liga Inggris

Aston Vila Terjebak Dalam Tagihan Pajak Sebesar £ 4.2m Yang Mengancam Administrasi Club

Aston Villa terjerumus ke dalam kekacauan setelah dipukul dengan tagihan pajak £ 4.2 juta oleh HMRC, sementara klub Kejuaraan itu juga menangguhkan kepala eksekutif Keith Wyness. Villa berada di bawah tekanan untuk melakukan pembayaran dalam waktu tujuh hari atau menghadapi pesanan penutupan, sementara prospek administrasi tidak dapat sepenuhnya didiskon karena klub menghitung biaya kehilangan promosi.

Hal ini dimengerti bahwa Villa terlambat membuat pembayaran pajak reguler Jumat lalu dan meskipun sumber klub bersikeras masalah ini akan diselesaikan minggu ini, West Midlanders sekarang dicengkeram dalam krisis keuangan.

Dr Tony Xia, pemilik dan ketua, diduga berjuang dengan masalah arus kas di Tiongkok, yang membatasi distribusi uang yang meninggalkan negara itu. Tidak ada saran bahwa Xia sedang berjuang secara finansial.

Xia mengatakan kepada orang dalam Villa pada hari Senin bahwa klub tersebut tidak untuk dijual, namun kegagalan Steve Bruce untuk mengalahkan Fulham di final play-off Kejuaraan selalu cenderung memiliki konsekuensi yang parah. Xia mengadakan pembicaraan krisis dengan Wyness pada Selasa pagi dan memilih untuk menunda mantan kepala eksekutif Everton dengan cepat. Wyness direkrut oleh Xia ketika ia menyelesaikan pengambilalihan £ 76m pada tahun 2016, tetapi merupakan korban pertama dari kekalahan final play-off. Keberangkatannya tidak terkait dengan tagihan pajak yang belum dibayar.

Pada Selasa malam muncul bahwa mantan eksekutif Chelsea Trevor Birch, yang juga bekerja di Everton dan Derby, sekarang membantu Villa dalam upaya membantu meringankan kekhawatiran keuangan mereka. Pernyataan Villa berbunyi: “Aston Villa Football Club dapat mengkonfirmasi bahwa chief executive, Keith Wyness, telah ditangguhkan oleh klub dengan segera.

“Pemilik dan ketua, Dr Tony Xia akan mengambil peran itu sampai pemberitahuan lebih lanjut. Tidak akan ada komentar lebih lanjut dari klub saat ini.”

Villa sekarang bisa melihat ke dalam opsi seperti menjual Kompleks Pelatihan Recon mereka untuk menyediakan arus kas yang sangat dibutuhkan dalam jangka pendek, meskipun itu akan menjadi pilihan terakhir. Masa depan penyerang homegrown Jack Grealish, dengan nilai lebih dari £ 30 juta, juga akan dilemparkan ke keraguan lebih lanjut saat klub mengejar dana. Masa depan Bruce sebagai manajer kini semakin tidak menentu dan ia mungkin memilih untuk keluar jika keuangan klub tetap begitu buruk.

Minggu lalu Xia mengakui bahwa Villa menghadapi tantangan FFP yang “berat”. Dia berkata: “Kami telah berinvestasi besar-besaran selama dua musim terakhir. Namun, kerugian pada hari Sabtu berarti kita perlu mengubah banyak hal.

“Tidak seorang pun ingin melihat klub harus melalui ini, tetapi saya percaya bahwa hanya perubahan yang dapat membantu klub untuk maju menuju arah positif dan ini membutuhkan upaya bersama dari semua orang yang terkait dengan klub sepakbola hebat ini.

“Tidak peduli apa perubahannya, saya dengan tulus berharap semua orang dapat bersatu dan mengatasi tantangan bersama. Tujuan kami tidak berubah dan selama kami percaya, terlepas dari betapa sulitnya proses itu, saya yakin kami akan berhasil pada akhirnya.”

Leave a Reply