Berita Bola Liga Champions

Banyak Disalahkan Atas Kekalahan Barcelona, Valverde: Saya Baik-baik Saja

Luka yang dirasakan oleh Barcelona belum juga sembuh pasca didepak oleh Liverpool pada babak semifinal Liga Champions 2018/2019 beberapa hari yang lalu. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde pun menjadi pihak yang disalahkan dan tak sedikit menerima berbagai kritikan pedas maupun hinaan dari para fans Barca. Namun ditegaskan oleh Valverde bahwa memang dirinya akan bertanggung jawab atas kekalahan tim asuhannya ini dengan siap untuk menerima konsekuensi kedepannya.

Kekecewaan yang banyak dirasakan oleh pendukung Barcelona adalah kans Barca yang sejatinya cukup besar untuk maju ke final Liga Champions, namun ternyata digagalkan sekejab saja ketika Barca mengunjungi markas Liverpool. Barca sudah mengantongi kemenangan 3-0 di leg pertama. Akan tetapi ternyata Liverpool kemudian sukses membalikkan keadaan dengan memetik kemenangan telak 4-0.

Pada laga leg kedua Barcelona seolah telah kehilangan kekuatannya. Messi dkk tampil dibawah performa. Jelas saja Barcelona begitu terkejut dengan tekanan demi tekanan yang Liverpool berikan sepanjang laga di leg kedua.

Kekalahan Barcelona tersebut pun berbuntut pada memanasnya rumor terkait masa depan Valverde di Barcelona. Muncul kabar bahwa Barcelona terancam dilengserkan dari kursi kepelatihan Barca.

Valverde tak masalah dengan adanya rumor tersebut. Sebagai pelatih, Valverde memahami betapa besarnya tanggung jawab yang ia pikul, dimana saat tim menang, para pemain yang akan dipuji dan disaat tim kalah, maka pelatih yang disalahkan. Valverde menegaskan bahwa saat ini dirinya masih baik-baik saja dan terus menatap optimis laga Barcelona di sisa musim ini.

“Saya merasa kuat, saya baik-baik saja. Saya ingin mengambil langkah selanjutnya, saya tidak akan bersembunyi di balik batu. Saya merasa kalau saya berada dalam (film) Great Escape. Mereka baru saja menangkap saya serta saya berada di dalam sel hukuman. Saya ingin memainkan laga besok” ungkap Valverde, seperti yang dilansir dari Marca.

Sepertinya memang kegagalan Barcelona di Liga Champions telah menodai keberhasilan Barcelona sepanjang musim ini. Barca telah memastikan bisa membawa pulang gelar La Liga Spanyol dan berpotensi untuk juga menyebet gelar Copa del Rey karena saat ini Barca telah lolos ke babak final. Menatap final Copa del Rey, Valverde pun realistis saja.

“Setelah pukulan itu, semuanya jadi diragukan. Kita sudah tahu bagaimana permainan ini. Jika sesuatu seperti ini terjadi, Anda harus menghancurkan serta membakar semuanya. Namun kemudian Anda harus mengembalikan semua di tempatnya” papar Valverde.

Leave a Reply