Berita Bola Liga Champions

Barcelona Kalah dari Liverpool, Valverde Tak Berani Jamin Masa Depannya

Manajer Barcelona, Ernesto Valverde mengakui bahwa kekalahan tim asuhannya dari Liverpool di semifinal Liga Champions 2018/2019 hari Rabu kemarin bisa berbuntut pada jabatannya. Valverde menyebut kalau setelah ini ia memiliki potensi untuk dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona.

Pada partai semifinal, Barcelona memang sedikit lebih diunggulkan untuk bisa melaju ke babak puncak. Apalagi dalam memulai leg kedua kemarin Barca punya bekal kemenangan kandang 3-0 atas Liverpool. Akan tetapi ternyata Liverpool tampil dengan percaya diri di depan publiknya dan sukses meraih kemenangan telak 4-0 yang akhirnya membuat agregat menjadi 4-3.

Kekalahan Barcelona ini memang cukup mengejutkan banyak pihak. Alhasil, satu per satu kecaman pun datang pada Barca dan Ernesto Valverde menjadi salah satu sasaran kritik atas hasil ini. Valverde dipandang telah gagal membawa Barcelona untuk mempertahankan keunggulannya.

Secara terbuka, Valverde pun mengakui bahwa kekalahan telak Barca di leg kedua atas Liverpool adalah hal yang tidak dapat diterima dengan mudah olehnya. Ia pun menyadari kalau kekalahan ini cukup beresiko pada jabatannya. Valverde pun tidak berani menjamin masa depannya di Barcelona.

“Bagaimana kekalahan ini mempengaruhi masa depan saya? Sejujurnya saya tidak tahu, namun saya tahu apa resiko yang harus saya hadapi” tutur Valverde, seperti yang dilansir oleh Movistar Plus.

Valverde juga tidak mau mencari kambing hitam atas kekalahan Barcelona di Anfield hari Rabu kemarin. Disebutkan oleh Valverde bahwa dirinya adalah pelatih Barceona. Jadi ia pun mengakui bahwa pihak yang punya tanggung jawab besar adalah Valverde. “Sejujurnya saya tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan banyak hal terkait kekalahan ini. Akan tetapi sebagai seorang pelatih, saya akan mengambil tanggung jawab atas hasil ini” pungkasnya.

Kekalahan atas Liverpool membuat Barcelona musim ini dipastikan kembali gagal meraih treble winner. Namun Barca masih punya kesempatan untuk mengulang kesuksesan di musim kemarin dengan meraih dua gelar juara, yakni di La Liga dan Copa del Rey. Saat ini Barcelona sudah bisa dipastikan akan keluar sebagai juara La Liga Spanyol dan dalam gelaran Copa del Rey sendiri, Barca telah melangkah ke partai final dan akan menghadapi Valencia.

Leave a Reply