Berita Bola Liga Spanyol

Barcelona Sudah Siapkan Rencana Masa Depan Jika Tanpa Messi

Juara La Liga, Barcelona realistis dalam menghadapi masa depan klub jika harus kehilangan megabintangnya, Lionel Messi. Mau tidak mau, momen Messi sudah tak lagi menjadi bagian Barcelona akan terjadi nantinya, baik itu pindah ataupun pensiun.

Barca sudah siap untuk menghadai masa depannya tanpa Messi. Mereka pun sudah menyiapkan rencana masa depan jika memang waktu Messi untuk pensiun telah tiba.

Tidak dapat dipungkiri bahwa selama belasan tahun terakhir ini Messi telah menjadi wajah besar Barcelona. Bukan lagi hal yang aneh kalau Barcelona selalu mengandalkan Messi di setiap laga. Seolah kehadirannya selalu memberikan keajaiban untuk mengantar Barca menang.

Kendati demikian, tentu Messi tidak akan dapat bermain selamanya. Saat ini saja usianya tak lagi muda, sudah 32 tahun yang artinya kemungkinan besar ia akan gantung sepatu tidak lama lagi. Diyakini era tanpa Messi akan membuat Barca sulit. Sehingga Barca juga harus mempersiapkan diri.

Presiden klub, Josep Maria Bartomeu menegaskan kalau saat ini Barca telah mulai menyiapkan diri untuk bertahan tanpa Messi nantinya. Bartomeu menyebut bahwa memang Barca tidak akan berupaya untuk menghindari masa depan sulit tanpa Messi itu. Mereka sudah paham bahwa Messi tidak lama lagi akan pensiun dan oleh sebab itu rencana untuk menjaga skuad tetap berkualitas tinggi sudah mulai dipikirkan.

Salah satu langkah Barcelona untuk menyiapkan era pasca pensiunnya Messi nanti adalah dengan mendatangkan pemain-pemain baru pada bursa transfer musim panas kali ini. “Kita rasa telah menjadi kewajiban kita untuk merancang era pasca-Messi. Kita memikirkan era pasca-Messi yang terbukti dengan pembelian pemain-pemain baru” ungkap Bartomeu, seperti yang Sky Sports kabarkan.

Tanpa Messi memang akan memberikan pengaruh yang signifikan di Barcelona nantinya. Tentu Barca tak dapat mengharapkan satu pemain saja untuk menggantikan peran Messi. Tak heran kalau di musim panas ini Barca punya beberapa rencana transfer besar. Salah satu pembelian besarnya adalah dengan mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico. Barca juga kabarnya berencana untuk kembali memulangkan Neymar ke Camp Nou.

Terlepas dari semua itu, Bartomeu sendiri berharap agar Messi masih cukup lama kedepan untuk bertahan di Barcelona. “Kita memikirkan era pasca-Messi yang terbukti dengan pembelian pemain-pemain anyar. Kita telah memikirkan perubahan era ini saat Messi tak lagi bermain sepak bola. Akan tetapi, sebagai presiden, saya berhadap dia akan terus bermain bersama dengan kita” terangnya.

Leave a Reply