Berhasil Kalahkan Iran, Fernando Hierro Berhadapan Diterima Sebagai Pelatih Timnas Spanyol
Piala Dunia

Berhasil Kalahkan Iran, Fernando Hierro Berhadapan Diterima Sebagai Pelatih Timnas Spanyol

Timnas Spanyol berhasil bangkit dari keterpurukan, kala laga perdana yang hanya menghasilkan imbang kontra Portugal. Terbukti anak asuhan Fernando Hierro memberikan kemenangan saat berhadapan dengan Iran, meskipun skor kemenangan tipis 1-0 untuk Spanyol. Namun Hierro berharap ini semua bisa membuat publik menerima dirinya sebagai pelatih baru timnas Spanyol.

Terjadi hal yang cukup kontroversi, pasalnya Julen Lepotegui yang merupakan pelatih timnas Spanyol sebelumnya dipecat satu hari sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Bahkan alasan RFEF memecat Lopetegui secara tidak hormat karena sudah menyalahi kontrak dengan menerima jabatan manajer di Real Madrid.

Secara cepat posisi kosong pelatih digantikan oleh Fernando Hierro, memang sempat ada gesekan dan rumor tidak setuju, bahkan puncaknya saat Spanyol hanya bisa menahan imbang Portugal di laga perdana Grup B. Hal ini semakin membuat Hierro dan Spanyol terpojok, namun pertandingan kontra Iran pada Kamis (21/06/2018) dini hari WIB berhasil menghapuskan keraguan tersebut dan membuat publik yakin jika Spanyol punya masa depan bagus di Piala Dunia 2018.

Hal ini membuat Hierro berani mengatakan pada media setelah pertandingan usai yang dilansir oleh ESPN, bahkan dirinya mengatakan jika menjadi pelatih baru Spanyol. Dirinya yang ditunjuk dan merupakan pelatih tim nasional, sebaiknya semua orang harus mulai terbiasa dengan hal tersebut.

Ini tentu menyiratkan tanda tanya, apakah Hierro tidak diterima sebelumnya di timnas Spanyol seperti rumor yang berkembang. Pasalnya pemecatan Lopetegui termasuk sangat janggal dan secepat itu mendapatkan penggantinya, ada dugaan terjadinya konspirasi untuk memasukkan Hierro di detik akhir sebelum berlangsungnya Piala Dunia di Rusia, bahkan timnas Spanyol sudah tiba di Rusia dan melakukan sesi latihan bersama Lopetegui.

Kemenangan Spanyol kontra Iran merupakan hasil dari gol semata wayang dari Diego Costa, sehingga membuat Spanyol menduduki posisi puncak klasemen bersama Portugal dengan perolehan 4 poin. Dimana akan berhadapan dengan Maroko di pertandingan terakhir Grup B, in akan menentukan siapa yang akhirnya menjadi pemenang dari runner di Grup B dan melakukan ke babak 16 besar.

Bahkan keberhasilan Costa mencetak gol mendapatkan sambutan meriah dan pujian dari Hierro, dimana mengatakan jika bomber Atletico Madrid tersebut adalah pemain yang bekerja keras di lapangan, bahkan Costa bukan hanya bertarung di lini depan namun sering kali memberikan bantuan untuk lini belakang.

Sudah pasti Maroko angkat kaki dari Piala Dunia 2018, karena tidak bisa mendapatkan angka hingga pertandingan kedua. Terjadi persaingan sengit untuk dapat keluar dari fase grup B, pasalnya Spanyol dan Portugal memiliki 4 poin sedangkan Iran juga sudah mengantungi 3 poin berkat kemenangan kontra Maroko di pertandingan perdana.

Leave a Reply