Berkah Pemain Muda Dibalik Pensiunnya Ozil
Berita Bola

Berkah Pemain Muda Dibalik Pensiunnya Ozil

Baru baru ini kita semua dikejutkan engan kabar pensiunnya Mesut Ozil dari timnas Jerman. Melalui surat terbuka yang disampaikan Ozil, diketahui bahwa penyebab ia pensiun adalah karena tindakan diskriminatif yang dilakukan beberapa oknum media dan juga asosiasi sepakbola di Jerman.

Tindakan Ozil ini diambil setelah perlakuan diskriminatif semakin santer dirasakannya setelah ia bertemu dengan presiden Turki Erdogan dan foto keduanya tersebar di Dunia maya. Pemain yang berhasil mengantarkan timnas Jerman meraih gelar Piala Dunia pada tahun 2014 ini juga terus menerima tekanan semenjak kegagalan timnas Jerman lolos dari fase grup di Piala Dunia 2018 yang lalu.

Meski menjadi sorotan bagi Asosiasi sepakbola jerman, namun salah satu legenda Jerman Lothar Matthaeus menilai bahwa dengan kepergian Ozil dari timnas Jerman justru memberi dampak  yang cukup menguntungkan terlebih bagi para pemain muda Jerman. Sebelumnya posisi Ozil di timnas Jerman memang tidak bisa tergantilan.

“ Mesut sudah jadi penampilan hebat di tim nasional selama delapan tahun. Tapi untuk setahun setengah terakhir, saya sudah tak suka dengan penampilannya. Tapi saya sudah mengkritiknya untuk itu, hal lainya tak membuat saya tertarik. Dari sudut pandang keolahragaan, meski terdengar keras, pensiunya bukan sebuah kehilangan. Tapi sebuah kesempatan untuk mengubah sesuatu di posisi ini.” Ujar Matthaeus.

Memang sebenarnya performa Ozil terus menurun dan Ozil pun juga mengaku menerima dengan ikhlas segala kritik yang adil yang ditujuan kepadanya.

Lebih lanjut Mattheaus menyebutkan adanya orang baru di posisi Ozil akan membuat penyegaran dan perubahan terhadap timnas Jerman. Meski demikian Mattheaus tetap menyayangkan persoalan Ozil terkait fotonya bersama presiden Turki tersebut. Ia beranggapan bahwa semua orang boleh berfoto dengan siapa saja dah mereka harus siap menjawab kritik yang ada. Namun tentu saja kritik yang dimkasud berdeda dengan tindakan rasial yang dialami Ozil. Mattheaus juga menganggap bahwa pihak asosiasi sepakbola Jerman menganngap hal seperti ini tidak serius dan kejadian seperti ini akan terulang kembali.

Leave a Reply