Berita Bola Liga Inggris

Chelsea Dijatuhi FIFA Sanksi Larangan Belanja Pemain

Klub Premier League, Chelsea resmi mendapatkan sanksi dari FIFA berupa larangan belanja pemain pada dua jendela transfer kedepan. Sanksi itu diberikan oleh FIFA lantaran The Blues dinyatakan bersalah terkait aturan perekrutan pemain di bawah umur.

Chelsea dinyatakan telah melanggar atas 29 insiden pelanggaran dalam pasa 19. Pasal tersebut sendiri mengenai dengan pemindahan pemain usia dibawah 18 tahun. FIFA pun bukan hanya menjatuhi sanksi berupa larangan belanja saja pada Chelsea, namun juga dijatuhi denda. Nilai denda yang dipatok oleh FIFA pun tak kecil, yaitu lebih dari 460 ribu pounds.

Pihak FA sendiri mendapatkan imbas atas kondisi ini, dimana FIFA menjatuhi sanksi denda pada FA senilai kurang lebih 390 pounds. Sanksi yang diberikan oleh FIFA pada Chelsea ini masih membuat klub milik Roman Abramovich tersebut masih bisa untuk menjual para pemainnya. Akan tetapi yang dilarang adalah mendatangkan pemain anyar.

“Larangan ini berlaku untuk klub secara keseluruhan, dengan pengecualian adalah tim wanita serta futsal, juga tidak mencegah pembebasan pemain (menjual pemain)” begitu bunyi pernyataan resmi dari FIFA soal sanksi yang dijatuhkan pada The Blues.

Kendati demikian, FIFA masih membuka kesempatan untuk meringankan sanksi tersebut dengan memberikan kesempatan pada Chelsea untuk melayangkan banding. The Blues bisa mengajukan banding di depan Komite Banding FIFA. Bahkan bukan hanya itu saja, FIFA pun sudah memberikan waktu selama 90 hari untuk Chelsea memperbaiki keadaannya soal para pemain yang sudah dibelinya.

Sky Sports News melaporkan bahwa sanksi yang diberikan oleh FIFA pada Chelsea ini adalah hasil dari penyelidikan yang sudah dilakukan selama kurang lebih tiga tahun. Chelsea sendiri diketahui diinvestigasi mengenai perekrutan para pemain muda yang jumlahnya yak sedikit, sampai lebih dari 10 pemain. Salah satu pemain yang ia rekrut dan tak sesuai dengan aturan FIFA adalah Betrand Traore. Ia datang ke Chelsea pada tahun 2013 silam.

Jelas sanksi dari FIFA ini adalah sebuah kondisi yang tidak menyenangkan untuk Chelsea. Apalagi belakangan Chelsea sedang dalam situasi genting lantaran beberapa hasil buruk yang terus menimpa. Sejatinya sanksi dari FIFA ini bukanlah kali pertamanya diterima oleh Chelsea. Kondisi yang sama juga pernah terjadi pada 2009.

Leave a Reply