Berita Bola Liga Inggris

De Gea Jadi Kiper Terburuk di Premier League?

David de Gea, selaku kiper Manchester United, mendapatkan banyak kritikan terkait dengan performanya di musim ini. Kritikan terbaru setelah Setan Merah kalah dari West Ham Premier League akhir pekan lalu.

Bertandang ke London Stadium, yang merupakan markas West Ham, Manchester United sebenarnya memiliki misi untuk melanjutkan kemenangan mereka setelah sebelumnya berhasil meraih dua kemenangan yang beruntun. Setelah mengalahkan Leicester City dengan skor tipis 1-0, Manchester United kemudian juga memenangkan pertandingan dengan skor yang sama saat menjamu Astana di Liga Europa.

Namun misi gagal, dan harapan tinggallah harapan. Alih-alih mencuri poin di London Stadium, tim yang diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer justru dibuat malu. Dua gol berhasil masuk ke gawang David de Gea melalui Andriy Yarmolenko dan Freekick Aaron Cresswell.

Setelah kekalahan itu, David de Gea pun menjadi sorotan. Kiper asal Spanyol ini memiliki statistik yang membuatnya menjadi kiper terburuk saat ini pada Premier League tahun terakhir.

Gol yang masuk melalui aksi Aaron Cresswell pada menit ke-84 merupakan gol yang bersarang ke gawang De Gea dari tendangan bebas langsung. Catatan ini merupakan catatan terburuk dibandingkan dengan kiper yang lain di Premier League sejak musim 2011 hingga 2012.

Kelemahan yang nyata dari kiper yang berusia 28 tahun ini terjadi hanya kurang dari sepekan setelah ia menandatangani kontrak baru bersama Setan Merah. The Guardian mengklaim bahwa David de Gea mendapatkan kontrak baru dengan durasi 4 tahun dan kesepakatan gaji senilai 350 ribu poundsterling.

Beberapa fans Manchester United mungkin mencoba untuk memberikan pembelaan kepada David de Gea sebagai kiper idola mereka. Mereka mengatakan bahwa De Gea adalah kiper terlama di periode itu.

Namun, kiper seperti Hugo Lloris dan juga kiper Watford, Ben Foster yang juga masih aktif sampai saat ini, dan catatan kebobolan lewat tendangan bebas dari kedua kiper ini masih lebih baik daripada De Gea.

Ketidakmampuan David de Gea dalam menghentikan tembakan dari lawan ataupun yang datang dari luar kotak penalti seharusnya membuat Ole Gunnar Solskjaer khawatir. Pasalnya, ini merupakan area krusiasi yang seharusnya diantisipasi oleh seorang kiper dengan lebih baik.

Leave a Reply