Berita Bola Liga Italia

Demi Juara Liga Champions, Juventus Rela Gelontorkan Dana Rp.14 Triliun Untuk Beli Pemain

Pada era Andrea Agnelli, ada satu mimpi besar yang coba dikejar oleh Juventus. Mimpi tersebut adalah menjadi raja di Eropa. Menjadi juara di Liga Champions.

Juventus selama ini memang tampil sangat dominan di pentas Serie A. Sudah delapan musim secara beruntun Juventus meraih scudetto. Klub-klub lain sulit untuk bersaing dengan Si Nyonya Tua.

Namun, kejayaan Juventus di Serie A seperti sirna ketika berlaga di pentas Liga Champions. Kali terakhir klub asal Turin menjadi juara Liga Champions terjadi pada tahun 1996, saat Ciro Ferrara masih bermain.

Juventus membangun skuad tangguh dan membelanjakan banyak uang setiap musim demi mengejar Liga Champions. Total, berapa uang yang sudah dibelanjakan oleh Juve dalam lima tahun terakhir?

Proyek utama Juventus untuk menjadi raja di Eropa tentu saja berwujud pada transfer Cristiano Ronaldo. Peraih lima gelar juara Liga Champions itu dibeli dari Real Madrid pada tahun 2018 lalu dengan harga 100 juta euro.

Setelah itu, Juventus makin royal dalam membeli pemain. Bukan hanya pemain, Juventus juga mengganti pelatih demi target berjaya di Eropa. Massimiliano Allegri diganti dengan Maurizio Sarri, yang membawa Chelsea juara Liga Europa.

Pada musim 2018/19 lalu, Juventus total membelanjakan uang 261,5 juta euro untuk membeli pemain baru. Para pemain baru itu antara lain: Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, Douglas Costa dan Leonardo Bonucci. Tetapi, Juventus masih gagal.

Belum menyerah, Juventus kembali belanja mahal di musim panas 2019. Total 141 juta euro dikeluarkan oleh Juventus untuk membeli Matthijs de Ligt, Cristian Romero, Luca Pellegrini dan Merih Demiral. Ada juga Aaron Ramsey, Adrien Rabit dan Buffon yang didapatkan dengan gratis.

Dikutip dari Marca, dalam lima musim terakhir, Juventus telah membelanjakan 913 juta euro [sekitar Rp 14 triliun] untuk membeli pemain baru. Pemain baru ini dibeli dengan misi menjadi juara Liga Champions.

Setelah kegagalan pada musim 2018/19 lalu, Juventus tetap diprediksi menjadi salah satu klub yang difavoritkan untuk menjadi juara Liga Champions musim 2019/2020. Skuad Juventus kini dinilai lebih mumpuni dan punya pengalaman.

Leave a Reply