Deretan Pesepakbola yang Sukses Juarai Piala Super Eropa Sebagai Pemain dan Pelatih
Berita Bola

Deretan Pesepakbola yang Sukses Juarai Piala Super Eropa Sebagai Pemain dan Pelatih

Piala Super Eropa adalah sebuah piala yang diperebutkan para jawara Liga Champions dan juga jawara Liga Europa pada musim yang sama. Karena hal itulah, Piala ini menjadi sangat bergengsi karena sebagai pengukuhan sebagai klub terbaik di dataran Eropa. Pada tahun ini, Piala Super Eropa mempertemukan dua klub asal Madrid Spanyol yakni Real Madrid yang merupakan juara Liga Champions 2018 dan juga Atletico Madrid yang merupakan juara Liga Europa 2018.

Dalam laga tersebut, Atletico Madrid mampu mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-2 lewat babak tambahan waktu. Kemenangan Atletico Madrid ini juga sekaligus menegaskan bahwa Liga Europa bukanlah kompeisi kasta kedua, dan terbukti juara Liga Champions sekelas Madrid saja tak berdaya dihadapan Atlletico Madrid. Dibalik itu semua ternyata ada fakta unik tentang pelatih Atletico Madrid yang ternyata pernah menjuarai Piala Super Eropa ini sebagai pemain juga. Berikut ini beberapa pesepak bola yang berhasil meaih piala itu sebagai pelatih dan pemain.

Diego Simeone kala masih aktif bermain untuk Lazio pernah meraih Piala Super Eropa . saat itu, Simeone bersama Lazio menghadapi Manchester United dan meraih kemenangan tipis 1-0. Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane pernah meraih Piala Super Eropa baik sebagai pemain maupun pelatih masing masing dua kali. Saat melatih Real Madrid, Zidane meraih dua gelar tersebut beruntun pada tahun 2016 dan 2017 sedangkan sebagai pemain, Zidane meraih gelar tersebut tahun 1996 bersama Juventus dan 2002 bersama Real Madrid.

Nama Luis Enrique juga pernah mengantarkan Barcelona menjuarai gelar Piala Super Eropa sebagai pelatih pada tahun 2015 dan ia juga pernah meraih gelar Piala Super Eropa sebagai pemain pada tahun 1997 juga saat membela Barcelona. Tahun 2003, 2007, dan 2014 menjadi tahunnya Carlo Ancelotti yang berhasil mengantarkan anak anak asuhnya menjuarai Piala Super Eropa sedangkan ia mampu meraih gelar tersebut sebagai pemain pada tahun 1990 saat berseragam AC Milan.

Leave a Reply