DFB Tolak Tuduhan Rasial Ozil
Berita Bola

DFB Tolak Tuduhan Rasial Ozil

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Ozil baru saja mengambil keputusan yang cukup mengejutkan dengan pensiun dari timnas Jerman. Hal ini sangat disayangkan karena Ozil dirasa masih memiliki potensi yang sangat baik, terlebih usia Ozil belum terlalu tua. Namun Ozil memiliki alasan tersendiri dalam mengambil keputusan tersebut.

Ozil beralasan bahwa ia menerima perlakuan rasial dari asosiasi sepakbola jerman (DFB). Isu rasial tersebut kencang berembus ketika pemain berdarah Jerman – Turki berfoto bersama presiden Turki Erdogan. Hal tersebut juga diperparh dengan performa Jerma di Piala Dunia yang dinilai kurang memuaskan karena gagal menembus fase enam belas besar.

Ozil juga merasa perlakuan para fans dan media berbeda dengan apa yang didapakan teman teman timnas Jerman berdarah campuran lainnya seperti Podolski atau Klose yang berdarah campuran Jerman – Polandia.

Namun pihak DFB menolak tuduhan bahwa melakukan tindakan rasial atau tidak melindungi pemainnya dari tindakan rasial. “ sangat disayangkan bila Mesut Ozil merasa tidak dilindung sebagai sasaran tindakan rasial,” sebut DFB.

Pihak DFB tidak memberikan pernyataan lebih lanjut secara resmi terkait dengan pensiunnya punggawa timnas Jerman tersebut. Namun nampaknya Ozil juga telah bulat dengan keputusannya untuk pnsiun. Kabar pensiunnya Ozil dari timnas Jerman dikabarkan langsung oleh Ozil melalui laman Instagram pribadinya.

DFB juga menambahkan “ kami sangat menyesalkan keputusan Mesut Ozil pensiun dari tim asional Jerman. Kami dengan tegas menolak anggapan terkait rasialisme. DFB terlibat dalam kerja integritas di Jerman selam bertahun tahun”.

Kondisi yang memperparah situasi adalah anggapan bahwa penampilan kurang impresif Ozil pada Piala Dunia 2018 merupakan biang keladi kegagalan tim nasional Jerman. Selain Ozil sebenarnya terdapat pemain Jerman lain yang berdarah Turki seperti Ilkay Gudogan dan Cenk Tosun.

Selain isu rasial warga negara Ozil yang berdaarah campuran, sempat dikabarkan juga isu rasial lain terkait agama. Sebagai pemain sepak bola dan juga semua orang yang terlibat dalam pesepak bolaan tidak ada yang boleh melemparkan ujaran terkait rasial kepada siapapun.

Leave a Reply