Berita Bola Liga Champions

Dikalahkan Atletico 0-2, Juventus Semakin Dekat dengan Pintu Keluar Liga Champions

Hasil buruk baru saja diraih oleh raksasa klub Serie A Italia, Juventus. Klub yang dibela oleh megabintang Cristiano Ronaldo itu harus tunduk di markas Atletico Madrid dalam pertamdingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Pada laga yang dihelat Kamis, 21 Februari 2019 dini hari WIB tadi, Juventus dikalahkan dengan skor 0-2. Kedua gol Atletico masing-masing dicetak oleh Jose Gimenez serta Diego Godin.

Jelas ini merupakan sebuah situasi yang buruk bagi Juve. Bahkan bisa disebut kalau kekalahan ini membuat Juventus satu langkah lebih dekat dengan pintu ‘tersingkir’ dari Liga Champions. Peluang Juve cukup tipis lantaran catatan buruk yang sudah sempat didapati pada musim sebelum-sebelumnya dalam situasi yang sama seperti dengan saat ini.

Laman UEFA mengabarkan kalau Juventus sebelum ini sudah pernah mengalami kondisi kalah laga tandang pada leg pertama dengan skor 0-2 dalam kompetisi UEFA. Kondisi itu dialami Juve paling tidak sudah lima kali dan dalam situasi itu, Juve selalu gagal untuk membalikkan keadaan pada leg kedua pertandingan kandang yang berakhir menghentikan langkah Juve.

Dengan kata lain, Juventus punya rekor selalu tersingkir di kompetisi UEFA setiap kali menelan kekalahan dengan skor 0-2 pada leg pertama yang merupakan laga tandang. Paling baru kondisi yang sama dialmi oleh Juve pada Liga Champions 2012/2013 yang kala itu menghadapi Bayern Munchen di babak perempat final.

Juventus yang ketika itu masih dilatih oleh Antonio Conte dikalahkan dengan skor 0-2 di kandang Bayern. Ketika melakoni laga kandang di Turin, Juventus kembali kalah 0-2 yang akhirnya langkah untuk mengejar gelar Liga Champions harus terhenti dengan agregat 0-2. Pada perempat final Liga Champions 2005/2006 Juventus juga pernah menelan kekalahan dari Arsenal. Pada saat itu Juve menelan kekalahan 0-2 di kandang Arsenal dan kemudian leg kedua di kandang sendiri justru mengakihi tanpa satu pun gol.

Kondisi-kondisi yang sama pun terjadi dalam putaran kedua European Cup 1975/2976 kontra Borossia Monchengladbach kalah 0-2 di laga tandang dan 2-2 di laga kandang. Kemudian di putaran pertama kompetisi yang sama di tahun 1973/1974 kalah dari Dynamo Dresden dengan skor 0-2 di laga tandang dan 3-2 di laga kandang. Satu lagi terjadi di tahun 1967/1968 kontra Benefica yang berakhir dengan skor 0-2 di laga tandang dan 0-1 di laga kandang.

Saat ini kekalahan di laga kandang leg pertama kembali dialami oleh Juventus yang artinya kans Juve untuk merah trofi Liga Champions musim ini cukup kecil. Catatan pertemuan dengan Atletico pun Juve belum pernah menang. Ini jelas menjadi was-was untuk tim asuhan Massimiliano Allegri.

Leave a Reply