Joachim Loew
Berita Bola Liga Jerman

Dikritik Ballack, Loew Dibela Kross

Michael Ballack mengaku cukup terkejut melihat Juoachim Loew tetap dipertahankan sebagai pelatih timnas Jerman setelah kegagalannya di Piala Dunia 2018. Menurutnya, seharunya Loew sudah dipecat karena kegagalan yang memalukan tersebut.

“Saya terkejut, begitu juga dengan banyak orang, bahwa dia masih bisa mempertahankan pekerjaannya. Dia bekerja dengan tim untuk waktu yang lama dan kadang Anda harus katakan bahwa ini tidak lagi berhasil ketika Anda sudah begitu lama dengan satu tim tertentu. Sebagai orang luar, saya berharap sepakbola Jerman bahwa Loew pergi ketika di puncak, karena ketika Anda punya pemain-pemain berbakat, tak seharusnya Anda bicara soal hal lain, yang jadi persoalan sebelum Piala Dunia. Piala Dunia adalah kekecewaan besar dan ada alasannya. Anda harus menganalisisnya, sungguh, dan bukan cuma bilang ‘kami akan menganalisisnya’ ketika Anda sudah membuat keputusan untuk mempertahankan pelatih. Itu bukan analisis yang sesungguhnya. Seharusnya yang mengambil keputusan ini tidak cuma satu orang. Seharusnya ada lebih banyak orang di federasi Jerman dan struktur yang lebih baik. Saya pikir mereka bisa memperbaikinya. Tapi ini tidak ada kaitannya dengan performa di atas lapangan. Itu kadang alasan untuk pemain, tapi kami tidak boleh melupakan hal ini,” ujar Ballack.

Penggawa Timnas Jerman, Toni Kross, membela pelatihnya dan menyebut jika Loew saat ini akan membawa Jermain menjadi lebih baik lagi, bahkan Kross juga secara tersirat mengecam kritik yang diberikan Ballack.

“Selalu ada perbedaan pandangan. Beberapa bilang bahwa setelah sebuah kesuksesan besar [sekarang] waktunya pergi. Yang lain bilang Anda tidak seharusnya pergi setelah satu momen yang buruk. Tapi ide-ide baru bisa terkadang datang dari pelatih yang sama, sekalipun dia mempertanyakan dirinya sendiri, dan aku yakin dia sudah melakukan itu. Michael Ballack berpikir seharusnya ada sebuah perubahan. Mungkin dia ingin jadi pelatihnya. Aku yakin kami akan kembali ke jalur yang benar dengan Jogi Loew. Dia sudah membuktikan selama beberapa tahun bahwa dia siap untuk mengembangkan diri sendiri lagi dan lagi. Selalu meningkat stabil bersama dia.”

Leave a Reply