Berita Bola Liga Spanyol

Gagal Penuhi Ekspektasi, Barcelona Akhiri Musim dengan Satu Gelar Saja

Raksasa klub Spanyol, Barcelona gagal keluar sebagai juara dalam kompetisi Copa del Rey pasca dikalahkan oleh Valencia pada babak final yang berlangsung hari Minggu, 26 Mei 2019 kemarin. Hasil ini sekaligus memastikan Barcelona mengakhiri musim hanya cukup dengan satu gelar saja, yakni gelar La Liga Spanyol. Ekspektasi Barcelona untuk menyudahi musim dengan meraih treble winner gagal terpenuhi, sekalipun Barcelona telah tampil cukup memukau sepanjang musim ini.

Barcelona menelan kekalahan tipis 1-2 atas Valencia di babak final Copa del Rey. Kedua gol dari Valencia masing-masing dibuat oleh Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno. Sedangkan satu-satunya gol Barcelona didapat dari mesin gol andalan mereka, Lionel Messi.

Sejatinya Barcelona lebih difavoritkan untuk keluar sebagai juara Copa del Rey musim ini yang akan sekaligus akan membuat mereka sebagai juara bertahan. Barcelona pun sepanjang satu dekade terakhir ini selalu mendominasi dalam raihan gelar Copa del Rey. Namun kini dominasi tersebut diputus oleh Valencia.

Satu bulan yang lalu Barcelona difavoritkan untuk bisa meraih treble winner musim ini setelah memastikan diri mempertahankan gelar La Liga Spanyol dan kemudian melaju ke semifinal Liga Champions ditambah lagi berhasil melesat ke final Copa del Rey. Ekspektasi untuk meraih treble winner ternyata perlahan gagal terpenuhi. Dalam ajang Liga Champions sendiri Barcelona kalah dari Liverpool yang secara mengejutkan mampu membalikkan keadaan di leg kedua.

Kini giliran target gelar Copa del Rey yang gagal dicapai Barcelona. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tak dapat menutupi kekecewaannya atas kegagalan timnya dalam memenuhi ekspektasi yang telah dibuat.

“Satu bulan yang lalu kita merayakan gelar liga dan berpotensi untuk meraih treble. Kita membuat ekspektasi yang tinggi dan kita belum dapat memenuhi ekspektasi tersebut. Kita semua kecewa kalah di babak final. Namun lebih baik mencapai tahap ini dibandingkan kalah di babak perempat final” tutur Ernesto Valverde, seperti yang Football Italia kabarkan.

Ditegaskan oleh Valverde kegagalan Barca di Copa del Rey musim ini bukanlah kesalahan dari para pemain. Valverde meyakini kalau para pemain telah memberikan kemampuan terbaik mereka. Hanya saja memang Valencia tampil sedikit lebih baik dibandingkan Barca. “Saya tidak dapat meyalahkan para pemain hari ini. Mereka sudah memberikan segalanya dan saya tidak berpikir itu masalah mental, lebih dari itu Valencia merupakan tim yang lebih baik di musim ini.

Leave a Reply