Berita Bola Liga Spanyol

Gagal Raih Gelar Copa del Rey, Presiden Barcelona: Pelatih Tidak Sepatutnya Disalahkan

Presiden Bacelona, Josep Maria Bartomeu tak ingin kegagalan Barcelona dalam meraih gelar Copa del Rey membuat sang pelatih, Ernesto Valverde disalahkan dalam hal tersebut. Ditegaskan oleh Bartomeu bahwa tidak sepatutnya Valverde disalahkan atas kekalahan Barcelona di final Copa del Rey dari Valencia hari Minggu kemarin.

Kekalahan 1-2 atas Valencia membuat Barca gagal menambah raihan trofi di musim ini, yang artinya Barca hanya cukup dengan gelar La Liga Spanyol saja. Pencapaian tersebut seolah-olah kurang mengingat bahwa musim kemarin Barcelona berhasil meraih double winner La Liga dan Copa del Rey.

Barcelona memang sempat punya kans cukup besar untuk mengakhiri musim dengan meraih treble winner. Setelah memastikan gelar La Liga, Barcelona dalam posisi unggul pada leg pertama babak semifinal Liga Champions kontra Liverpool. Akan tetapi sayangnya di leg kedua justru Liverpool mampu membalikkan keadaan dan menutup pintu Barcelona untuk menuju ke final.

Kemudian juga Barcelona berhasil mengalahkan Real Madrid di semifinal Copa del Rey dan berhak atas satu tiket final. Berhadapan dengan Valencia, Barca tentu sedikit lebih diunggulkan untuk keluar sebagai juara. Namun sayangnya Valencia tampil justru lebih baik dan mampu mengalahkan Barca dengan skor 2-1.

Kekalahan tersebut membuat tak sedikit para penggemar Barcelona yang ingin Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barca. Akan tetapi Bartomeu tidak sependapat dengan pikiran yang demikian. “Kita selalu mengatakan bahwa Ernesto (Valverde) punya kontrak untuk musim depan. Saya tidak berpikir kalau dia patut untuk disalahkan. Kita punya peluang yang banyak, namun mereka tidak dapat mencetak gol. Namun Valencia mencetak satu gol lebih banyak dari kita” tutur Bartomeu, seperti yang dikabarkan oleh Soccerway.

Meskipun Barcelona gagal di Liga Champions dan Copa del Rey, namun Bartomeu menegaskan bahwa Barcelona tidak bisa dinilai gagal pada musim ini. Gelar La Liga, semifinal Liga Champions dan final Copa del Rey sudah merupakan pencapaian yang bagus. “Ini bukanlah musim yang istimewa, namun juga bukan kegagalan. Kita telah mencapai final Copa, semifinal Liga Champions. Pada akhirnya kita kalah di dua laga. Namun kita keluar dari Liga Champions dan kita jadi runner-up Copa” tegas Bartomeu.

Leave a Reply