Berita Bola Liga Inggris

Granit Xhaka Resmi Dipilih Jadi Kapten Utama Arsenal

Tanda tanya soal kapten utama Arsenal untuk musim 2019/2020 akhirnya menemui jawaban. Manajer Arsenal, Unai Emery telah menyebutkan lima nama yang bakal jadi pemimpin timnya saat berlaga di lapangan hijau.

Sejatinya Emery sudah menjanjikan akan segera mengumumkan nama-nama kapten Arsenal sejak beberapa hari yang lalu. Akan tetapi ia menundanya sampai Arsenal rampung menyelesaikan laga kontra Nottingham Forest dalam gelaran Carabo Cup hari Rabu yang lalu.

Emery menggunakan sistem pemilihan kapten yang berbeda dari umumnya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh salah satu pemain Arsenal, Rob Holding yang menyebut bahwa Emery memberikan kesempatan kepada para pemain Arsenal untuk memilih sendiri kapten timnya dengan memakai sistem pemilihan tertutup.

“Kita diharuskan untuk menuliskan nama serta memberikannya kepada pelatih. Ia akan melihatnya secara seksama dengan input darinya serta kita akan lihat apa yang akan terjadi” tutur Holding, seperti yang Goal International kabarkan.

Arsenal memulai musim ini tanpa adanya kapten utama yang resmi. Kendati demikian, bukan berarti pada laga yang sepanjang musim ini telah dilalui Arsenal, mereka tampil tanpa kapten. Emery berulang kali selalu memberikan kepercayaan kepada Granit Xhaka untuk mengemban tugas sebagai kapten dan ketika Xhaka absen, Mesut Ozil lah yang dipilih oleh Emery untuk menggantikannya. Sedangkan ketika keduanya absen, ban kapten pun dipakaikan pada Rob Holding.

Kini Arsenal akhirnya telah menunjuk kapten tetap mereka untuk musim ini. Ada lima nama yang ditunjuk oleh Emery dan Granit Xhaka sendiri dipercaya untuk menjadi kapten utama. Sedangkan empat nama lainnya adalah Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Hector Bellerin dan juga Mesut Ozil.

Bukan tanpa alasan, Emery memilih Xhaka sebagai kapten tim utama Arsenal lantaran ia memandang bahwa Xhaka adalah sosok pemain yang dewasa dan memiliki jiwa kepemimpinan. “Xhaka adalah sosok yang dewasa, mempunyai pengalaman. Di ruang ganti, para pemain melihatnya paling utama untuk pemimpin” ungkap Emery.

Pemilihan Xhaka sebagai kapten utama Arsenal untuk musim ini pun terntu mengundag respon publik. Belakangan Xhaka disoroti cukup banyak pihak, yang mana ia dinilai performanya menurun jika dibanding musim sebelumnya.

Kendati begitu, Emery menegaskan bahwa hal itu bukanlah perkara yang berarti. “Saya sudah berbicara dengannya, kita ingin mengubah opini mengenai dirinya tersebut. Rasa hormat yang dimilikinya itu penting. Akan tetapi ia juga dapat menunjukkan kalau dirinya bisa terus maju dalam bermain” pungkasnya.

Leave a Reply