Berita Bola Liga Inggris

Guardiola Optimis Arteta Akan Jadi Suksesornya di Man City Suatu Saat Nanti

Manajer Manchester City, Pep Guardiola menebar kode bahwa dirinya bakal menunjuk Mikel Arteta sebagai suksesornya di Manchester City apabila suatu saat nanti Guardiola hengkang. Diyakini oleh Guardiola kalau sang asisten tersebut adalah sosok yang pantas untuk duduk di kursi tertinggi pelatih sebuah raksasa klub seperti Man City.

Jika bicara soal jam terbang, karir kepelatihan Arteta memang masih termasuk cukup sebentar. Ia baru bergelut di dunia pelatih sepakbola pasca memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2016 silam. Kala itu ia hengkang dari Arsenal dan kemudian masuk dalam jajaran staf kepelatihan Man City dibawah pimpinan Guardiola.

Kendati jam terbangnya di dunia kepelatihan belum terlalu tinggi, namun Arteta termasuk orang yang bisa dengan cepat untuk belajar. Sebelumnya Arsenal telah memahami potensi besar yang ada dalam diri Arteta dan bahkan sempat memberikannya tawaran untuk jadi penerus Arsene Wenger. Arteta dipandang sebagai orang yang tepat lantaran dulunya sudah sempat mendapat amanah untuk menjadi kapten tim Arsenal saat masih berkarir sebagai pemain.

Namun niatan Arsenal untuk memboyong Arteta gagal dan mereka lebih memilih Unai Emery untuk duduk di kursi kepelatihan The Gunners.

Kendati demikian, Guardiola sendiri menaruh kepercayaan yang cukup tinggi pada Arteta. Ia optimis Arteta dapat menjadi suksesornya di Manchester City suatu saat nanti. “Saya cukup yakin (Arteta akan jadi suksesor saya). Ia akan meraih kesuksesan. Cepat atau lambat itu akan terjadi. (Arteta jadi pelatih Man City). Ia adalah seorang pelatih yang masih muda, punya pengalaman, mengatasi pemain-pemain besar dan juga tim besar. Ia punya etos kerja yang luar biasa, juga punya talenta spesial dalam menganalisis apa yang tengah terjadi serta menemukan solusinya” terang Guardiola, seperti yang Goal International kabarkan.

Lebih lanjut, Guardiola juga membahas soal pengalaman besar Arteta saat masih bermain yang baginya itu akan menjadi bekal hebat untuk Arteta menjadi pelatih profesional. Itulah yang menjadi alasan lainnya mengapa Guardiola menaruh kepercayaan yang cukup besar pada Arteta untuk jadi suksesornya di Man City pada masa depan.

“Kita kerap berbicara mengenai apa yang diyakini olehnya dan apa yang dirasakan olehnya. Ia juga merupakan seorang gelandang bertahan, serta saya rasa dia dapat membaca situasi. Gelandang terbaik sembari memikirkan apa yang dibutuhkan oleh tim pada setiap momen. Ia merupakan ahli dalam hal tersebut. ketika dia melihat apa yang dibutuhkannya di lapangan, lalu Anda di luar lapangan, itu bakal terasa lebih mudah” jelas Guardiola,

Leave a Reply