Berita Bola Liga Spanyol

Hentikan Dominasi Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey

Valencia secara mengejutkan mampu menumbangkan lawan beratnya di final Copa del Rey yang berlangsung pada Minggu, 26 Mei 2019 dini hari WIB tadi. Lawan berat Valencia tersebut tak lain adalah tim yang mendominasi dalam raihan gelar Copa del Rey, yakni Barcelona. Valencia tampil di luar dugaan dengan sukses keluar sebagai juara setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 di babak final.

Jelas bukan tugas mudah untuk Valencia memetik kemenangan di partai puncak Copa del Rey. Pada laga yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, sejatinya Valencia tidak lebih mendominasi jalannya laga. Akan tetapi mereka mampu tampil lebih efektif dan disiplin untuk memberikan serangan balik yang cukup mengancam Lionel Messi dkk.

Gol pembuka dalam laga tersebut berhasil dicatatkan oleh Valencia melalui Kevin Gameiro di menit ke-21. Ia mengonversi umpan tari dari rekannya, Jose Gaya. Tidak lama setelah itu, 12 menit kemudian Valencia kembali menambah pundi-pundi golnya. Kali ini giliran Rodrigo Moreno yang menyumbangkan gol untuk Valencia pasca berhasil mengonversi umpan silang dari Carlos Soler.

Sampai dengan babak pertama berakhir, Barcelona belum mampu mengejar ketertinggalan dua gol dari Valencia. Baru di babak kedua, Lionel Messi memperpendek ketertinggalan menjadi 1-2. Namun sayangnya tidak ada gol tambahan lagi untuk Barcelona hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga berbunyi. Alhasil, gelar juara Copa del Rey musim ini pun berhak menjadi milik Valencia.

Ini bukanlah kali pertamanya Valencia meraih gelar Copa del Rey. Melainkan merupakan gelar ke-8 mereka sepanjang sejarah. Ada satu lagi catatan baik yang berhasil Valencia torehkan setelah berhasil mengamankan trofi Copa del Rey musim ini. Pencapaian ini berarti membuat Valencia berhasil menghentikan dominasi Barcelona pada kompetisi ini sepanjang satu dekade terakhir.

Menengok ke belakang, empat musim beruntun terakhir gelar Copa del Rey selalu menjadi milik Barcelona. Barcelona pun merupakan klub dengan raihan gelar Copa del Rey terbanyak sepanjang sejarah digelarnya kompetisi tersebut. Tercatat Barca sudah 30 kali memenangkan gelar Copa del Rey dan total ada 41 kali Barcelona menembus babak final. Kekalahan atas Valencia hari ini menjadi kekalahan ke-11 Barcelona di final Copa del Rey sepanjang ikut serta.

Leave a Reply