Berita Bola Bola Internasional

Ini 4 Pelatih Bola yang Paling Laku di Dunia

Selain trofi, tolok ukur seorang pelatih dikatakan terkenal dan sukses bisa juga dilihat dari berapa jumlah tim atau klub yang pernah ia tangani. Pasalnya, tak banyak pelatih yang memiliki kesempatan menangani banyak klub dalam karir kepelatihan mereka.

Pastinya dengan menakhodai banyak tim seorang pelatih memiliki bekal ilmu tambahan yang bisa dibagikan ke anak-asuhnya. Berikut adalah 4 pelatih top yang pernah melatih banyak tim dalam karier kepelatihannya

Maurizio Sarri

Juventus menjadi klub yang ke-20 ditangani pelatih asal Italia, Maurizio Sarri, setelah ia resmi ditunjuk menangani klub asal Turin tersebut. Ia menjadi suksesor Massimiliano Allegri yang resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai pelatih utama Juventus.

Satu-satunya klub non Italia yang pernah dilatihnya adalah ​Chelsea, klub Premier League yang ditanganinya pada musim 2018/19. Gagal menjadi juara League Cup, Sarri mempersembahkan trofi Europa League sebelum ia kembali ke kampung halamannya.

Luiz Felipe Scolari

Sama seperti Sarri, Scolari pun sejauh ini telah melatih 20 tim berbeda di karier kepelatihannya. Namun lima tim yang pernah dilatihnya dengan dua periode masing-masing adalah Palmerias, Timnas Brasil, Gremio, Juventude, dan Al-Qadisiya.

Tim yang saat ini ditanganinya, Palmerias merupakan satu-satunya tim yang pernah dilatihnya dalam tiga periode berbeda. Puncak kariernya saat ia berhasil membawa Ronaldinho dkk menjadi jawara Piala Dunia 2002.

Marcello Lippi

Pelatih asal Italia, Marcello Lippi pernah melatih Timnas Tiongkok, Italia, dan klub Serie A, Juventus masing-masing selama dua periode. Satu-satunya klub non Italia yang pernah dilatihnya adalah Guangzhou Evergrande.

Puncak karier kepelatihannya adalah saat ia sukses membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Sebanyak 14 tim berbeda pun pernah ditanganinya sejauh ini.

Carlos Queiroz

Nama Carlos Queiroz melambung saat dirinya menjadi asisten Manajer ​Manchester United di era Sir Alex Ferguson pada musim 2002-2003. Real Madrid pun langsung menunjuknya menjadi pelatih utama di musim berikutnya. Sejumlah 10 tim berbeda pernah dilatihnya sejauh ini di sepanjang karier kepelatihannya.

Meskipun mampu mempersembahkan trofi Supercopa de Espana bagi Real Madrid, Carlos Queiroz tetap dianggap gagal oleh pihak klub dan dipecat pada Mei 2004. Ia pun kembali menjadi asisten Ferguson pada periode 2004-2008. Sejak itu, ia melatih Timnas Portugal, Iran, dan Kolombia.

Leave a Reply