Berita Bola Liga Spanyol

Ini Alasan Valverde Jadikan Messi Pemain Cadangan dalam Laga El Clasico

Raksasa tim asal Spanyol, Barcelona baru saja melakoni pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey kontra Real Madrid pada Kamis dini hari WIB tadi. Dalam pertandingan bertajuk El Clasico tersebut, Barcelona hanya boleh puas dengan hasil imbang bermain di depan publik Camp Nou.

Pada pertandingan tersebut, pemain andalan Barcelona, Lionel Messi memang disiapkan untuk masuk dalam skuad. Akan tetapi Messi tidak diturunkan sejak menit pertama, ia dijadikan sebagai pemain cadangan. Bukan tanpa alasan, sang pelatih, Ernesto Valverde memiliki alasan kuat mengapa tidak menjadikan Messi sebagai starter dalam laga el clasico hari ini.

Diketahui memang Messi beberapa hari yang lalu mendapatkan cedera pada kakinya. Lebih tepatnya cedera tersebut ia alami ketika membela Barcelona dalam pertandingan kontra Valencia. Bahkan Messi sempat diragukan untuk turun bermain dalam pertandingan kontra Madrid hari ini.

Kondisi kesehatan yang tidak 100 persen itu membuat Valverde berpikir dua kali untuk menjadikan Messi sebagai starter. Sebelum pertandingan, Valverde sempat ragu untuk menurunkan Messi sejak menit pertama. Pada akhirnya diputuskan kalau Messi duduk di bangku cadangan. Pemain berjuluk La Pulga itu baru masuk pada menit ke-63 untuk menggantikan Philippe Coutinho.

Ketika ditanya, Valverde menjelaskan kalau Messi dalam kondisi yang baik-baik saja. Akan tetapi tim tak mau ambil resiko dengan memaksakan Messi turun sejak menit pertama. “Lionel Messi dalam kondisi baik-baik saja. Namun kita merasa lebih nyaman dengan tidak mengambil resiko sekarang ini. Ia masih berada dalam kondisi terdapat yang tidak nyaman serta kita mengambil keputusan yang terbaik untuk tim ini” terang Valverde, seperti yang dilansir dari Marca.

Pada laga el clasico tersebut Valverde tetap menggunakan formasi 4-3-3 sekalipun Messi tidak diturunkan sejak awal dan juga demikian dengan Ousmane Dembele yang absen. Valverde mengandalkan Coutinho dan Malcom untuk bekerja di sayap kiri dan kanan dari bomber tengah Barca, Luis Suarez.

Malcom sendiri tampil gemilang di laga el clasico kali ini. Ia bahkan jadi pahlawan untuk menyelamatkan wajah Barcelona di publik sendiri dengan berhasil menjadi satu-satunya pencetak gol untuk Barcelona dan membuat kedudukan imbang setelah Madrid yang sebelumnya memimpin terlebih dahulu. Malcom sendiri dinilai tampil cukup apik dalam bertahan, tidak sekedar menyerang saja.

Leave a Reply