Jika Dembele Dijual, Barcelona Akan Rugi Dana Besar
Berita Bola Liga Spanyol

Jika Dembele Dijual, Barcelona Akan Rugi Dana Besar?

Kondisi yang dilematis saat ini sedang dialami oleh raksasa klub Liga Spanyol, Barcelona terkait pemain mudanya, Ousmane Dembele. Sang pemain belakangan ini memang sedang dekat dengan kabar transfer menyusul karena pemasalahan sikapnya di Barcelona. Akan tetapi, hal yang menjadi dilematis bagi Barcelona adalah, kabarnya klub yang dilatih oleh Ernesto Valverde ini harus mengeluarkan dana esktra jika ingin melepaskan Dembele dalam bursa transfer terdekat.

Masa depan Dembele beberapa pekan terakhi ini memang sedang jadi tanda tanya besar. Tim kepelatihan Barcelona kabarnya mulai kehilangan kesabaran atas tindakan kurang disiplin dari Dembele, sehingga mereka memasukkan sang pemain dalam rencana penjualan di awal tahun 2019 nanti.

Sejauh ini Blaugrana telah menemukan beberapa klub yang cukup potensial untuk membeli Dembele. Dua klub yang paling dekat dikaitkan dengan Dembele adalah klub Liga Inggris, Liverpool dan Arsenal.

Akan tetapi pada sisi lain, rupanya Barca harus berpikir dengan matang lagi jika ingin melancarkan niat untuk melepas Dembele. Hal ini dikarenakan Barca harus siap menggelontorkan dana apabila Dembele dijual dalam waktu dekat ini. Seperti yang dilansir oleh laporan harian asal Jerman, Die Welt, Barcelona harus keluar banyak dana ketika mendatangkan Dembele dari Borossia Dortmund. Kala itu dana 105 juta pounds yang harus dikeluarkan.

Angka itu meliputi pembayaran tunai senilai 96 juta pounds dan klausul pelepasan senilai 9 juta pounds apabila Barcelona berlaga di Liga Champions. Akan tetapi klausul lain ada juga yang perlu dibayarkan Barcelona dan itu menyentuh angka 26 juta pounds. Apabila awal tahun depan Barcelona menjual Dembele, hal ini tidak membuat Barcelona terbebas dari pembiayaan klausul 26 juta pounds tersebut. Dengan kata lain Barcelona harus tetap melunasi sisa 26 juta pounds ke Dortmund sebagai kompensasi penjualan Dembele.

Laporan yang sama menyebutkan kalau kemungkinan Barcelona tetap akan melepaskan Dembele sekalipun resiko tersebut harus diterima. Bahkan mereka telah menyiapkan rencana supaya mereka tidak terlalu keluar dana banyak jika menjual Dembele. Salah satu upaya agar Barca tidak terlalu tekor adalah memasang harga transfer yang tinggi untuk Dembele.

Kabarnya Barcelona akan melepas Dembele dengan harga 150 juta pounds. Langkah tersebut diambil supaya investasi 131 juta pounds dapat diambil Barcelona kembali. Juga ditambah mereka punya profit sebesar 19 juta pounds untuk pelepasan Dembele.

Leave a Reply