Jurgen Klopp Ajak Stop Kritik Timnas Jerman dan Biarkan Para Pemain Berkembang
Berita Bola Liga Inggris

Jurgen Klopp Ajak Stop Kritik Timnas Jerman dan Biarkan Para Pemain Berkembang

Timnas Jermain masih belum juga menunjukkan performa impresif sete;ah kegagalan mereka di Piala Dunia 2018 lalu. Meski demikian, Jurgen Klopp yang merupakan pelatih asal Jerman mengkritik sikap media Jerman yang selalu memberikan kritik yang berlebihan ketimbang memberikan dukungan terhadap skuat asuhan Joacim Loew. Sebelumnya pada perhelatan turnamen akbar empat tahunan, Piala Dunia 2018, yang berlangsung di Rusia, Jerman mengalami mempi terburuk mereka. Timnas Jerman seperti yang telah kita ketahui gagal melewati fase grup pada Piala Dunia.

Padahal timnas Jerman datang ke Rusia dengan status sebagai juara bertahan Piala Dunia edisi sebelumnya. Bahkan di fase grup tersebut Jerman menelan dua kekalahan dari tim yang sebenarnya dianggap lebih lemah daripada Jerman yakni timnas Meksiko dan Korea Selatan. Timnas Jerman hanya satu kali mendapatkan kemenangan saat melawan timnas Swedia.

Kini setelah Piala Dunia usai, timnas Jerman kembali mencoba untuk bangkit dari periode buruk mereka. Namun saat laga persahabatan melwan jawara Piala Dunia 2018, timnas Prancis, anak asuh Joachim Loew hanya mampu bermain 0-0.

Hal tersebut memicu gelombang kritik yang dilontarkan oleh media Jerman. Pelatih Liverpool saat ini, Jurgen Klopp, meilai bahwa kritik yang diberikan media Jerman kepada Thomas Muller dan kawan kawan sudah berlebihan, Klopp juga meminta media dan juga fans memberikan waktu kepada para pemain Jerman untuk bisa kembali menampilkan permainan terbaik mereka.

“Tidak. Andai saya merupakan pengikut dari tim nasional Jerman, saya tak akan mengatakan apapun. Karena anda (media), tak bisa terbiasa dengan itu. Untuk bisa menerima kenyataan tersingkir di babak grup Piala Dunia, sikap dari media dan seluruh negeri, sungguh gila. Pelatih harus menjelaskan sendiri, dia harus menjelaskan sepakbola ke seluruh negeri. Orang-orang sudah melakukan pendekatan ini selama 100 tahun dan itu tak berhasil. Jadi, buat saya itu berlebihan. Jadi, tenang saja. Biarkan mereka bermain sepakbola dan saya berjanji pada anda Jerman akan memenangi pertandingan lagi,”¬†ujar Klopp.

Leave a Reply