Berita Bola Liga Champions

Kemenangan Madrid Atas Ajax Amsterdam Diwarnai Kontroversi VAR

Kemenangan Real Madrid atas Ajax Amsterdam dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions hari Kamis, 14 Februari 2019 dini hari WIB tadi diwarnai dengan kontroversi VAR. Kontroversi yang terjadi berkenaan dengan offside yang terjadi saat Ajax membuat gol. Sejatinya pada babak pertama Ajax sudah sempat mencetak gol. Akan tetapi gol itu dianulir lantaran Dusan Tadic yang dianggap sudah offside.

Gol yang menuai kontroversi tersebut terjadi pada menit ke-38 ketika Nicolas Tagliafico melakukan sundulan dan wasit menganulirnya pasca meningjau ulang pergerakan pemain lewat VAR. Teridentifikasi bahwa Dusan Tadic dalam keadaan offside serta menganggu pergerakan kiper yang dalam hal ini menghalangi kiper memperoleh bola.

Kendati Tadic tak menyentuh bola, akan tetapi pergeraknnya dinilai sudah menganggu kiper Madrid, Thibaut Courtois untuk menjangkau bola sundulan Nicolas. Apalagi saat Nicolas yang menyundul dan disaat yang sama Tadic ada dalam posisi offside. Hal tersebut lah yang jadi landasan wasit memutuskan untuk tidak mensahkan gol tersebut.

Alhasil, gol itu pun menuai kontroversi lantaran Tadic yang sejatinya sama sekali tidak menyentuh bola, namun ternyata gol dari Nicolas dianulir. Seperti yang dilansir oleh Marca, aturan offside yang diberlakukan oleh UEFA terdapat dua kasus yang mencontohkan mengapa gol dapat tidak disahkan lantaran pemain lain yang menggangu pergerakan dari lawan.

Kondisi yang pertama adalah pemain ada dalam posisi offside serta langsung mengganggu dari sudut pandang kiper lawan, sekalipun dia tidak menyentuh bola. Kasus ini dinilai tidak terjadi pada laga Ajax kontra Real Madrid lantaran Courtois yang masih dapat melihat arah datangnya bola.

Rupanya wasit Damis Skomina mengambil keputusan untuk menganulir gol itu berdasarkan posisi Tadic yang menghalangi Courtois untuk menjangkau bola. Keputusan tersebut memang berada di tangan wasit. Mengenai kenyataanya Courtois terganggu atau tidak itu perkara yang berbeda. Intinya gol Ajax di babak pertama tidak disahkan oleh wasit Damis Skomina.

Akan tetapi Ajax berhasil mencetak gol lewat Hakim Ziyect pada menit ke-75. Akan tetapi sayangnya satu-satunya gol tersebut tak bisa membawa Ajax memetik kemenangan lantaran Madrid lebih unggul dengan 2 gol lewat Karim Benzema di menit ke-60 dan Marco Asensio di menit ke-87.

Selanjutnya di leg kedua nanti giliran Madrid yang bakal bertindak sebagai tuan rumah. Laga leg kedua akan dilangsungkan pada 6 Maret 2019 dini hari WIB yang akan datang.

Leave a Reply