Berita Bola Liga Inggris

Kesan Solskjaer Sejak Dipercaya Jadi Pelatih MU

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengaku telah memperoleh begitu banyak pelajaran sejak ia ditunjuk sebagai pelatih di Old Trafford. Solskjaer paham bahwa sepakbola bukanlah perkara yang mudah. Namun sebagai pelatih, nyatanya bagi Solskjaer adalah sebuah tantangan yang jauh lebih rumit ketimbang sebagai pemain.

Hal yang paling menjadi pelajaran berharaga untuk Solskjaer sejak melatih MU adalah betapa menyakitkannya sebuah kekalahan, dimana itu adalah hal yang tidak pernah diharapkan oleh tim. Solskjaer memandang bahwa para pemain MU punya kualitas yang luar biasa. Kunci kemenangan di setiap laga tidaklah lain adalah mengupayakan segala kemampuan dan tetap fokus.

“Saya sudah belajar bahwa saya tidak suka kalah. Saya lebih suka menang, kita memulai (musim) dengan fantastis. Para pemain luar biasa ketika saya pertama kali datang. Kita positif, kita memenangkan laga. Semua tim menyatu serta saya menikmati kemenangan. Namun saya paham bahwa sepakbola itu sulit” ungkap Solskjaer, seperti yang dilansir dari TriballFootball.

“Anda tidak dapat mengharapkan semua hal berjalan dengan baik dan akhirnya kenyataan pun menghantam kita. Kita berada di liga dengan banyak tim-tim yang bagus dan apabila ingin berada di level terbaik, kita harus 100 persen fokus” tuturnya.

MU menunjuk Solskjaer untuk mengisi kursi pelatih sejak akhir tahun 2018 kemarin. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati oleh Jose Mourinho. Pada beberapa bulan pertama melatih MU dengan status sebagai manajer interim, Solskjaer berhasil mengembalikan MU pada trend positif. Secara beruntun kemenangan demi kemenangan terus ditorehkan oleh MU.

Akan tetapi sayangnya keberhasilan Solskjaer tidak bertahan sampai penghujung musim. Sekitar 2 bulan terakhir ini MU kembali terpuruk dan bahkan kini harus finish di posisi ke-6 pada papan klasemen Premier League.

Solskjaer menyadari bahwa MU masih perlu berkembang untuk bisa berada di level yang sepadan dengan klub papan atas Inggris seperti Manchester City maupun Liverpool. “Kita mendekati beberapa laga dengan sangat fokus dan skuad yang maksimal. Saya rasa itu fantastis. Lalu Anda mempelajari banyak hal saat Anda melalui masa-masa sulit dan menjadikan Anda pun berpikir siapa yang dapat jadi pusat tim ini dan siapa yang kita pikir dapat berkembang karena kita harus mencapai level selanjutnya” pungkas Solskjaer.

Leave a Reply