Klopp Baru Bisa Dianggap Sukses Jika Antarkan Liverpool Juara
Berita Bola Liga Inggris

Klopp Baru Bisa Dianggap Sukses Jika Antarkan Liverpool Juara

Legenda Liverpool, John Toshack menilai kalau sosok Jurgen Klopp baru bisa dianggap sukses melatih Liverpool jika berhasil mengantarkan untuk membawa pulang trofi juara. Klopp sudah duduk di kursi kepelatihan The Reds selama tiga tahun. Sepanjang melatih di Anfield, Klopp telah merubah Liverpool jadi tim yang lebih atraktif serta ofensif. Beberapa pemain Liverpool kemampuannya semakin terasah dan menjadi bagian yang menakutkan untuk lawan.

Semakin kesini The Reds menunjukkan peningkatan performa. Sekarang Liverpool sudah jadi pesaing berat dalam 4 besar Liga Primer Inggris dengan cukup stabil. Belum lagi juga di Liga Champions, musim kemarin Liverpool tampil begitu impresif hingga melesat ke babak final. Sayangnya di final harus mengakui kehebatan sang juara bertahan, Real Madrid.

Selain itu juga Liverpool sempat diantarkan oleh Klopp berhasil menembus final EFL Cup dan juga Liga Europa. Hasil yang sama dengan Liga Champions sayangnya harus ditelan Liverpool, yaitu kalah di final. Dengan kata lain perjalanan Liverpool belum sampai menjadi juara. Lalu secara finansial, Klopp telah banyak membantu Liverpool. Saat ini The Reds mempunyai modal yang besar untuk melakukan persaingan dengan klub-klub elit lain dalam perburuan pemain di bursa transfer.

Akan tetapi sayangnya, pencapaian-pencapaian besar Klopp selama menangani Liverpool dinilai oleh Toschak belum bisa disebut sebagai pelatih Liverpool yang sukses. Bagi Toscback, kesuksesan pelatih diukur dari seberapa banyak mengantarkan timnya meraih gelar juara.

“Pada akhirnya, terlebih di klub-klub top seperti Liverpool, Anda akan dinilai oleh piala yang Anda menangkan. Anda mungkin berpikir itu tidak adil, Anda mempunyai musim yang hebat serta gagal begitu saja. Finish sebagai runner up dalam kampanye kejuaraan yang sangat baik, kalah di semifinal ataupun kompetisi apa saja. Pada akhirnya tahun-tahun berlalu, orang-orang mengingat trofi juara” ungkap Toschack, seperti yang dilansir oleh Blood Red Podcast.

Lebih lanjut, mantan bos Borossia Dortmund itu optimis kalau Liverpool musim ini akan segera dapat menyudahi haus gelar bersama Klopp. Setidaknya pencapaian di musim lalu dapat jadi bekal besar untuk The Reds meraih gelar di musim ini. “Mungkin ini adalah tahun yang besar untuk Liverpool. Saya pikir Manchester City sedikit unggul di depan tim-tim yang lain. Saya pikir kalau Liverpool bisa melakukannya tahun ini, itu akan bagus untuk klub serta untuk semua orang juga Klopp. Itu akan dapat menghilangkan tekanannya” pungkasnya.

Leave a Reply