Jurgen Klopp
Berita Bola Liga Inggris

Klopp Sudah Bosan dengan Posisi Runner Up

Memasuki tahun ketiganya di Liverpool, Jurgen Klopp memiliki keinginan yang kuat untuk mampu mengangkat trofi pertamanya di Inggris. semenjak pertama kal melatih Liverpool, Jurgen Klopp beberapa kali hanya mampu meraih posisi kedua. Liverpool sudah menjalani tiga kali final yakni final Piala Liga Inggris, final Liga Europa 2016, dan final Liga Champions 2018. Namun sayangnya ketiga final tersebut semuanya hanya menghasilkan posisi runner up saja bagi Liverpool. Musim ini dengan nilai belanja pemain yang mencapai 167 juta poundsterling, Liverpool memiliki ambisi yang kuat untuk bisa mengangiri musim dengan setidaknya satu trofi. performa Liverpool musim ini juga dinilai cukup meyakinkan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Peringkat kedua itu tak berarti. Dalam olahraga, berada di urutan kedua pada olimpiade akan membuat Anda pulang dengan medali perak. Dalam sepakbola, itu tidak berarti apa-apa. Dan itu juga tak berarti bagi saya. Saya ingin menjadi juara dan tahu itu menjadi sebuah tanggung jawab. Saya mengerahkan segenap kemampuan. Pengetahuan, hasrat, hati, pengalaman. Saya benar-benar memberikan semuanya untuk klub 100 persen. Saya sama sekali tak menahan sesuatu. Hal itu seharusnya berjalan, setidaknya pada satu titik. Namun sampai itu terjadi, kami harus menikmati apa yang dijalankan,” ujar Klopp.

Manatan pemain Liverpool era 80an, Kevin Keegan menyebut jika tekanan Jurgen Klopp selama berada di Liverpool akan semakin bertambah. Namun menurut Keegan, tekanan terbesar hadir pada saat seorang pelatih menjalani musim pertamanya dan Jurgen Klopp dinilai sudah melewati hal tersebut dengan cukup baik. Klopp dinilai sudah diberi cukup waktu dan juga kucuran dana yang banyak saat ini.

“Yang pertama selalu jadi yang tersulit. Ada perbedaan antara hanya bisa bersaing sampai garis finis, lalu apakah mental mereka cukup untuk mampu melalui laga-laga di akhir musim. Ketika Anda sudah melakukannya, itu bakal jadi pengalaman. Ketika belum pernah, Anda akan berpikir ‘bagaimana kami melakukan ini dan melakukan itu?,” ujar Kevin Keegan.

Leave a Reply