Berita Bola Liga Inggris

Klopp Tak Pernah Tuntut Liverpool Selalu Buat Banyak Gol di Setiap Laga

Juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp ogah memberikan tuntutan kepada para anak didiknya untuk dapat menciptakan banyak gol pada setiap pertandingan. Ia mengaku tidak pernah membuat target terlalu besar dan menuntut Liverpool untuk bisa mencapainya. Klopp memandang bahwa selalu pesta gol pada setiap laga sejatinya bukan yang utama. Hal yang lebih utama bagi Klopp adalah meraih kemenangan demi kemenangan di setiap laga, berapun jumlah keunggulan golnya.

Sejak musim 2017/2018 kemarin, Liverpool memang menunjukkan ketajamannya. Pundi-pundi gol terus dihadirkan, sekalipun dalam pertandingan yang sulit. Trio andalan The Reds, yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino dan juga Sadio Mane adalah pemain-pemain yang sejak musim lalu rajin menyumbang gol untuk Liverpool. Bahkan di musim kemarin Liverpool jadi klub yang sangat produktif untuk mencetak gol.

Musim ini sendiri memang produktifitas gol Liverpool tidak lebih baik dibandingkan musim kemarin. Salah satu yang diandalkan, Mohamed Salah sepanjang musim ini belum banyak menyumbang gol seperti musim kemarin. Akan tetapi Klopp sama sekali tidak mempermasalahkan jumlah gol Liverpool yang mengalami penurunan tersebut.

Kendati jumlah gol mengalami penurunan, namun pada kenyataannya Liverpool masih begitu kokoh di musim ini. Bahkan sementara ini Liverpool memimpin dalam papan klasemen Premier League. “Mereka mencetak gol saat waktunya untuk mencetak gol” ucap Klopp, seperti yang Goal International kabarkan.

Ditegaskan oleh Klopp bahwa dirinya tidak pernah menuntut agar Liverpool meraih jumlah gol yang banyak di setiap laga lantaran baginya itu bukanlah sebuah sikap yang patut untuk ia lakukan. Bagi Klopp, jika satu atau dua gol saja sudah cukup untuk membawa Liverpool meraih kemenangan dalam sebuah laga, maka jumlah gol yang lebih banyak tidaklah lebih utama.

“Saya tidak pernah meminta para pemain saya untuk turun ke lapangan serta mencetak enam gol. Pasalnya, itu adalah tindakan yang tidak terhormat. Saya sendiri sudah cukup bahagia apabila kita dapat mencetak gol pertama dan lalu gol yang kedua saja” tegas Klopp.

Mengomentari soal sebutan bahwa Liverpool musim ini meraih jumlah gol yang lebih sedikit karena diklaim Klopp yang melakukan perubahan gaya bermain tim, Klopp membantah hal tersebut. Pasalnya, gaya bermain yang Klopp terapkan musim ini telah dapat membuat Liverpool meminimalisir jumlah kekalahan.

“Kita memang mencetak banyak gol musim kemarin. Orang-orang mengatakan kalau musim ini kita tidak bermain dengan cara yang sama dengan musim kemarin. Akan tetapi (buktinya) kita tidak banyak menderita kekalahan pada musim ini” pungkasnya.

Leave a Reply