Liga Champions Musim Ini Pastikan Akan Gunakan VAR
Berita Bola Liga Champions

Liga Champions Musim Ini Pastikan Akan Gunakan VAR

Teknologi VAR alias Video Assistant Referee dipastikan akan digunakan dalam gelaran Liga Champions musim 2018/2019 kali ini. Hal tersebut telah dipastikan oleh Executive Commite UEFA lewat siding yang dihelat pada Senin, 3 Desember 2018 kemarin di Dublin. Akan tetapi VAR tidak digunakan sejak babak awal, melainkan baru akan diaplikasikan pada babak 16 besar nanti alias babak knock out. Serangkaian pertandingan di fase grup sendiri tinggal menyelesaikan beberapa laga saja. Bahkan para klub yang akan melaju ke babak 16 besar sebagian sudah bisa dipastikan.

Sesuai dengan penjadwalan, babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal mulai dihelat pada tanggal 16 Februari 2019 yang akan datang. Penerapan teknologi VAR sendiri disepakati oleh UEFA untuk digunakan lantaran mereka sebelumnya telah berhasil melakoni beberapa tes serta menggelar pelatihan kepada para wasit di beberapa bulan terakhir ini demi mengoptimalkan penggunaannya saat laga di Liga Champions berlangsung.

Tidak hanya itu saja, Exco UEFA pun memutuskan bahwa nantinya di Final Liga Europa 2019 akan juga menerapkan teknologi VAR. Selain itu juga Final UEFA Nations League 2019 dan Euro U-21 2019 pun akan juga ikut merasakan penggunaan VAR.

Aleksander Caferin selaku presiden UEFA memberikan penyataan terkait keputusan penggunaan VAR ini di Liga Champions 2018/2019 dan beberapa turnamen Eropa lainnya. Aleksander menyebut kalau pihaknya telah memutuskan untuk menerapkan penggunaan VAR di musim ini lantaran menilai kalau memang VAR dapat sangat membantu untuk mendapatkan hasil yang sangat adil ketika laga berlangsung.

“Kita memakai VAR lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya dan kita yakin kalau ini akan bermanfaat bagi kompetisi kita lantaran akan memberikan bantuan yang berharga untuk perangkat laga serta akan memberikan kemungkinan untuk mengurangi keputusan yang salah” tutur Aleksander.

Teknologi VAR memang semakin kesini mulai semakin banyak dikenal dan diterapkan pada berbagai kompetisi sepakbola bergengsi karena manfaatnya yang cukup besar. Sebelum ini, beberapa kompetisi Eropa sudah menerapkannya. Salah satu yang sudah menggunakan teknologi VAR adalah kompetisi Serie A Italia. Selanjutnya La Liga Spanyol disebut-sebut juga sudah mulai menggodok rencana penggunaan VAR.

Leave a Reply