Joachim Loew
Berita Bola Bola Internasional

Loew Sadar tekanan Terus Membesar

Penampilan tim nasional Jerman belum juga membaik selepas hasil buruk di Piala Dunia 2018. Mungkin penampilan tim nasional Jerman pada Piala Dunia 2018 adalah yang terbururk pada satu dekade belakangan ini. Kini Joachim Loew tengah berusaha untuk bangkit dari periode buruk tersebut. Namun bukan hasil positif yang didapat, justru hasil kurang menggembirakan yang terus terusan menghampiri tim berjuluk Panser Jerman tersebut. Yang paling baru, tim nasional Jerman kalah telah 0-3 dari tim nasional Belanda. Padahal tim nasional Belanda bahkan tidak lolos pada Piala Dunia 2018 lalu. Serangkaian hasil buruk yang diterima timnas Jerman membuat Loew mendapat sorotan tajam. Posisi Loew terus menjadi perbincangan lantaran sejumlah pihak menilai jika sudah saatnya Loew untuk digantikan, namun seperti yang kita ketahui kontrak Loew baru akan habis pada tahun 2022. Loew sendiri sebenarnya cukup menyadari jika tekanan yang ia rasakan akan semakin berat. Namun meski demikian, Loew memilih untuk fokus menghadapi laga laga selanjutnya di UEFA Nations League. Jerman sendiri akan menghadapi juara Piala Dunia 2018, Prancis pada laga selanjutnya.

“Tentu saya sudah menduganya (tekanan makin besar). Itu adalah sesuatu yang harus saya jalani. Kami semua harus bertanggung jawab atas hasil ini. Perdebatan itu wajar, tapi tugas saya adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk pertandingan melawan Prancis (di hari Selasa),” kata Loew.

Meski mendapat banyak kritik, Loew nampaknya masih mendapat dukungan penuh dari para pemainnya. Hal ini diungkapkan oleh kiper utama Jerman, Manuel Neuer. Menurut Neuer, ia dan rekan rekannya siap bermain dan menghadapi tantangan.

“Saya tidak tahu apakah setiap pemain merasa tidak aman. Itu adalah sesuatu yang harus ditanyakan para pemain kepada dirinya sendiri. Kami semua menegaskan kepada pelatih bahwa kami siap menghadapi tantangan. Ketika Anda kalah, Anda jelas menghadapi banyak kritik dan orang-orang bicara negatif. Tapi hasil pertandingannya bisa saja sangat berbeda, seperti yang bisa Anda lihat,” ujar Neuer.

Leave a Reply