Berita Bola Liga Spanyol

Luka Jovic, Investasi Masa Depan Real Madrid

Real Madrid sukses mendapatkan transfer Luka Jovic dari Eintrach Frankfurt. Kabarnya Los Blancos harus mengeluarkan dana mencapai angka sebesar 70 juta euro untuk mendapatkan striker muda yang masih berumur 21 tahun itu.  Kabar ketertarikan Madrid pada Jovic ini semakin kuat setelah Zinedine Zidane kembali melatih Madrid.

Jovic merupakan seorang penyerang, namun dia bisa mundur lebih dalam untuk menjemput bola dan merebutnya dari sana. Pemain 21 tahun ini adalah pemain yang cukup berbahaya jika berada di dalam kotak penalti.  Tercatat, dari 125 tembakan yang diciptakan olehnya dari dalam kotak penalti, ada setidaknya 59  tembakan yang berhasil tepat sasaran. Sedangkan dari luar kotak penalti, 10 tembakan tepat sasaran dari total 39 kali percobaan.

Jovic juga merupakan pemain yang bisa memasukkan bola di sudut gawang, dengan torehan empat gol dari lima tembakan yang tepat sasaran ke pojok kanan gawang dan mencetak delapan dari sembilan tembakan ke pojok kiri gawang.  Meskipun mampu menciptakan banyak gol dengan kaki kanan, dirinya juga efektif saat menggunakan kaki kiri.  Jovic telah menciptakan 15 gol dengan kaki kanan dan 8 gol dengan kaki kiri, juga 5 gol lewat sundulan.

Jovic menciptakan rerata 2,4 peluang menang per pertandingan dan mencetak 0,7 gol per pertandingan, dengan rasio konversi sebesar 31 persen bagi timnya. Terbukti, dengan 1,8 umpan kunci per 90 menit, dia merupakan pasangan striker yang diidam-idamkan sebuah tim. Dia pun tak gentar menghadapi lini pertahanan lawan dalam duel satu lawan satu, terbukti dia sering mencoba tiga atau empat penguasaan bola yang apik dalam 90 menit pertandingan.

Meskipun bermain sebagai seorang striker, Jovic juga bisa membantu lini belakang tim. Dia bisa membantu tim dengan bertahan dalam sepertiga lini permainan lawan.  Jovic memenangkan 31 persen dari duel pertahanan, dengan rata-rata 0,8 duel menang dari 2,7 per pertandingan. Dia juga menyumbangnkan1,4 intersep per pertandingan.

Biasanya, ketika bermain bertahan, dia menggunakan kekuatan tubuhnya untuk menghalangi dan merebut bola dari lawan daripada mengejar bola dengan sliding tackle. Catatan-catatan statistik yang cukup membanggakan dari Jovic tersebut wajar saja kalau sampai membuat Madrid pun berminat untuk mendatangkannya. Ia diproyeksikan bakal menjadi pemain andalan Madrid di masa depan.

Leave a Reply