Mario Mandzukic Putuskan Pensiun dari Tim Nasional Kroasia
Berita Bola

Mario Mandzukic Putuskan Pensiun dari Tim Nasional Kroasia

Penyerang tajam andalan tim nasional Kroasia, Mario Mandzukic memutuskan untuk pensiun dari timnas usai berhasil membawa negaranya menjadi runner up Piala Dunia 2018 di Rusia lalu. Keputusan ini memang sebelumnya sudah cukup santer terdengar lantaran memang usia Mandzukic yang sudah tak lagi muda. Bahkan Mandzukic sudah menjadi tumpuan tim nasional Kroasia dalam hal mencetak gol selama lebih dari 11 tahun.

Saat tim nasional Kroasia dibawah asuhan dari pelatih Slaven Bilic, Mandzukic pertama kali melakukan debutnya, tepatnya pada 17 Novenber 2007 saan Kroasia menghadapi Makedonia di Kualifikasi Piala Eropa. Semenjak saat itu, nama Mario Mandzukic tak pernah absen dari tim nasional Kroasia.

Pemain yang pernah memperkuat berbagai klub top eropa seperti Atletico Madrid hingga Bayern Munchen ini mengaku cukup kesulitan merangkai kata kata perpisahannya dengan tim nasional Kroasia. Mandzukic mengaku masih sangat senang mendengarkan lagu kebangsaannya diputar sebelum kick off, bermain selama 120 menit, berlari, dan juga mencetak gol untuk negaranya

“Karena saya sadar betapa terhormat mengenakan kaus Kroasia dan mewakili negara. Lebih sulit, karena saya sadar bahwa ini adalah keputusan akhir, dan tidak mungkin direvisi lagi,”¬†ujar Mandzukic. Namun Mandzukic menegaskan bahwa inilah saat yang paling tepat untuk dia memutuskan pensiundari skuad Kroasia.

Raihan Runner Up pada Piala Dunia 2018 lalu menjadi salah satu faktor mengapa Mandzukic memutuskan untuk pensiun. Disatu sisi Mandzukic mengaku mendapatkan semangat baru setelah meraih prestasi tersebut, namun disisi lain Mandzukic juga merasa prestasi tersebut membuatnya lebih mudah untuk memutuskan pensiun. Memang raihan Kroasia pada Piala Dunia 2018 lalu merupakan capaian terbaik mereka dalam ajang Piala Dunia.

“Kami telah mewujudkan impian, meraih kesuksesan bersejarah, dan mengalami dukungan dari penggemar yang luar biasa. Pada bulan itu [Juli], termasuk sambutan di Zagreb, Slavonski Brod, dan seluruh Kroasia, akan tetap menjadi kenangan paling penting dalam karier saya. Ini adalah perjalanan timnas yang paling indah, dan menjadi favorit bagi saya,” ucap Mandzukic.

Leave a Reply