Berita Bola Liga Prancis

Mbappe Jadi Kandidat Kuat Boyong Gelar Ballon d’Or

Kylian Mbappe punya cara pandang berbeda perihal penghargaan individual tertinggi dalam dunia sepak bola: Ballon d’Or. Menurutnya, Ballon d’Or hanya pantas diraih oleh pemain terbaik yang berhasil menjuarai Liga Champions pada tahun yan sama.

Selama 11 tahun terakhir, Ballon d’Or hanya diraih oleh tiga nama. Cristiano Ronaldo mengoleksi lima, Lionel Messi lima, dan Luka Modric satu. Tahun 2018 Modric baru bisa menghentikan dominasi dua megabintang itu.

Modric bisa mengalahkan Ronaldo dan Messi karena berperan penting dalam perjuangan Madrid menjuarai Liga Champions. Juga, dia membantu Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018, meski pada akhirnya takluk dari Prancis.

Tolok ukur Ballon d’Or tidak pasti, tetapi diyakini cukup adil mengingat suara diberikan oleh pelatih dan kapten tim nasional semua negara, juga jurnalis perwakilan masing-masing negara.

Biarpun demikian, Mbappe punya tolok ukur sendiri. Baginya, Ballon d’Or harus selaras dengan Liga Champions. Mbappe diduga bakal jadi langganan peraih Ballon d’Or di masa mendatang, tetapi dia yang sekarang mengaku belum layak.

“Sebab dalam sepak bola anda bermain bersama 10 pemain, anda tidak bermain sendiri. Jika ini soal olahraga Tenis, saya bakal menyebut Ballon d’Or (yang paling penting). Sebab dalam Tenis anda bermain sendiri.”

Bagi Mbappe, tak ada kompetisi yang lebih tinggi dari Liga Champions. Dia yakin menjuarai Liga Champions sangat sulit, dan hanya tim-tim spesial yang mampu melakukannya. Mbappe ingin jadi bagian dari tim spesial tersebut.

“Dalam sepak bola anda bermain dengan tim. Dan saya kira, jika anda ingin meraih Ballon d’Or, anda harus menjuarai Liga Champions. Sekarang anda tidak bisa meraih Ballon d’Or tanpa Liga Champions, sekarang itu sangat penting di dunia sepak bola,” imbuh Mbappe.

“Jadi, saya ingin menjuarai Liga Champions terlebih dahulu. Jika saya bisa meraih Ballon d’Or, itu bagus, tetapi target saya, tujuan saya adalah menjuarai Liga Champions terlebih dahulu,” tandasnya.

Mimpi Kylian Mbappe bakal sulit terwujud bersama PSG, sebab itu Real Madrid terus mengamati situasinya saat ini dan disebut berupaya untuk memboyongnya.

Leave a Reply