Liga Inggris

Peran Besar Van Dijk Untuk Pertahanan Liverpool di Mata Mignolet

Penjaga gawang Liverpool, Simon Mignolet memandang bahwa sosok Virgil Van Dijk berperan besar dalam menjaga pertahanan Liverpool untuk tetap solid sepanjang musim 2018/2019 ini. Sejak didatangkan The Reds pada Januari tahun kemarin dari Southampton, Van Dijk sontak saja berhasil jadi pilihan utama untuk Liverpool. Sang bek telah membuat lini pertahanan Liverpool semakin kuat dari musim sebelumnya.

Sepanjang musim ini sendiri, Liverpool bahkan jadi yang terbaik di Premier League dengan masih hanya kebobolan 13 kali dalam 23 laga yang sudah dihelat. Selain itu juga Van Dijk ikut membantu mengantarkan Liverpool sementara ini masih bertahan berada di puncak klasemen Premier League dan menjaga asa untuk memboyong gelar juara musim ini.

Kondisi ini jauh berbeda dengan skuad The Reds pada musim 2013/2014 silam. Kala itu memang Liverpool tampil begitu tajam, namun sayang lini belakang terlalu keropos. Mignolet sendiri yang telah menjadi kiper senior di Liverpool selama bertahun-tahun pun merasakan perbedaan tersebut. Disebutkan olehnya kalau kedatangan Van Dijk di Liverpool berhasil menjadi pembeda dan memberikan perubahan positif yang besar.

Mignolet tak ragu kalau menyebut bahwa Van Dijk adalah sosok pemain yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan yang besar. Itulah yang justru menjadikan lini pertahanan Liverpool kini semakin baik. “Saya pikir sebagian besar dari itu adalah Virgil Van Dijk. Sejak dia masuk, dia telah membuat perbedaan yang besar. Ini bukan cuman karena kemampuan bermainnya saja, namun karakter kepemimpinan yang dia kirimkan dari belakang. Ini begitu penting saat Anda bermain melawan tim seperti Brighton serta Crystal Palace baru-baru ini” ungkap Mignolet, seperti yang dilansir dari Liverpool Echo.

Lebih lanjut, Mignolet juga menilai kalau Van Dijk telah berhasil membuat beberapa serangan lawan diatasi dengan lebih mudah dibandingkan dengan pemain lainnya. Inilah yang membuat gawang yang dijaga Mignolet musim ini lebih sulit dibobol oleh lawan. “Ini merupakan tekanan yang dikendalikanolehnya dengan sapuan sundulannya. Ia selalu membuat terlihat begitu mudah. Sesuatu yang sangat sulit untuk orang lain, seperti dilakukan dengan mudah oleh Virgil (Van Dijk). Ia telah membuat kita menjadi jauh lebih solid dari yang sebelumnya” pungkas Mignolet.

Leave a Reply