Berita Bola Liga Champions

Prestasi Tottenham Hotspur Jika Berhasil Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Prestasi yang cukup unik bisa dicatatkan klub asal London, Tottenham Hotspur, jika berhasil meraih trofi juara Liga Champions musim 2018/2019 ini.  Klub sepak bola yang juga disebut dengan Lili Putih ini bakal menjadi tim keenam di Eropa yang pernah menjuarai tiga kompetisi sepak bola sekaligus, yaitu Piala Winners, Liga Eropa (dulunya disebut Piala UEFA), dan Liga Champions.

Perlu anda ketahui, hingga saat ini hanya ada lima klub yang pernah mencatatkan prestasi emas sekaligus unik tersebut. Diantaranya yaitu Ajax Amsterdam, Juventus, Bayern Munich, Manchester United, dan satu lagi adalah Chelsea. Klub bola asal Italia menjadi tim pertama yang berhasil menyabet bersih tiga kompetisi Eropa tersebut.

Juventus mengawali complete set tersebut dengan menjuarai trofi Piala UEFA (Liga Eropa) pada tahun 1977 silam. Sekitar tujuh tahun kemudian, klub bola yang mempunyai julukan Si Nyonya Tua tersebut berhasil menjuarai trofi Piala Winners. Koleksi prestasi emas yang dimiliki klub asal Italia ini semakin lengkap dengan keberhasilan mereka memboyong trofi Liga Champions pertama pada tahun 1985.

Inggris mengirimkan dua klub untuk menyusul prestasi Juventus, yaitu Chelsea dan Man United. Klub yang terkenal dengan julukan Si London Biru lebih dulu berhasil mendapat pialanya ketika menjuarai trofi Liga Eropa pada tahun 2012-2013. Chelsea sebelumnya sudah menjuarai trofi Liga Champions pada tahun 2011-2012 dan Piala Winners pada tahun 1971. Lalu bagaimana dengan Tottenham Hotspur yang pada musim ini giliran berkesempatan melaju ke partai puncak Liga Champions?

Tottenham Hotspur sebenarnya tercatat sebagai klub asal Inggris yang pertama menjuarai trofi di kompetisi Eropa, diantaranya yaitu Piala Winners pada tahun 1962-1963, lebih dulu dari Man United yang menjuarai Liga Champions pada tahun 1967-1968. Namun, Tottenham Hotspur belum pernah meraih trofi Liga Champions.

Tetangga sekaligus rival Arsenal di London Utara ini hanya mampu mengoleksi dua Piala UEFA (Liga Eropa) yakni pada tahun 1971-1972 dan selang beberapa tahun kemudian pada 1983-1984. Jika pada final tahun ini berhasil menjuarai Liga Champions 2018-2019, maka Tottenham Hotspur akan menjadi tim keenam yang mampu menyabet tiga trofi kompetisi Eropa dalam sejarah persepakbolaan.

Leave a Reply