Berita Bola Liga Inggris

Punya Banyak Bek, Emery Optimis Pertahanan Arsenal Sudah Cukup Kuat

Manajer Arsenal, Unai Emery optimis kalau pertahanan skuad asuhannya musim ini tidak akan menemui permasalahan yang besar. Hal ini dikarenakan Arsenal yang punya cukup banyak bek untuk dijadikan opsi. David Luiz dan Rob Holding adalah dua diantaranya.

Emery memilih kombinasi bek dengan cukup berani pada pertandingan pertamanya di Premier League musim 2019/2020 kontra Newcastle United. Nacho Monreal yang dipercaya untuk bekerja sebagai bek kiri dan kemudian mengandalkan Sokratis dengan Calum Chambers untuk berada di bek tengah. Sedangkan Ainsley Maitland-Niles ditempatkan sebagai bek kanan.

Racikan Emery pada laga tersebut sempat membuat publik sedikit bertanya-tanya. Hal ini tak jauh dari karena melihat lini pertahanan Arsenal musim kemarin yang menjadi salah satu permasalahan berarti. Dengan kondisi tersebut ternyata justru Emery cukup berani membuat kombinasi baru pada laga pembuka di Premier League musim ini. Banyak yang menilai kalau kombinasi yang dibuat oleh Emery pada laga tersebut bukanlah kombinasi terbaik untuk lini pertahanan The Gunners.

Emery ternyata punya alasan mengapa ia berani membuat racikan baru di lini pertahanan Arsenal pada laga pembuka mereka di musim ini. Pertama soal diturunkannya Chambers. Diakui oleh Emery bahwa ia kagum dengan pencapaian sang pemain sepanjang dipinjamkan Arsenal musim kemarin di Fulham. Emery memandang bahwa Chambers telah banyak mengalami perkembangan.

“Sebetulnya tahun kemarin berjalan sangat sulit untuk Calum Chambers. Pasalnya, dia memainkan semua laga dengan Fulham. Mereka memainkannya sebagai bek tengah pada formasi tiga bek, ataupun dua bek dan mereka sempat memainkannya sebagai gelandang. Sejak pramusim, ia layak untuk bermain pada hari ini dalam starting XI perdana kita dan dia bermain dengan fokus bersama Sokratis yang begitu serius” pungkas Emery, seperti yang dilansir dari laman klub.

Lebih lanjut, Emery juga menegaskan bahwa kualitas bek inti maupun bek pelapis Arsenal tidaklah jauh berbeda. Sehingga ada banyak opsi untuk membuat kombinasi di lini pertahanan. “Saya ingin membuat persaingan pada setiap posisi. Dengan David Luiz, dengan Holding saat ia kembali, dengan Hector Bellerin yang sepertinya akan balik satu bulan nanti” ucapnya.

Leave a Reply