Berita Bola Bola Internasional

Siapa Starting XI Terbaik di Musim 2018/2019?

Rentetan gelaran turnamen sepakbola bergengsi Eropa musim 2018/2019 telah berakhir. Kini para klub elite Eropa pun tengah menantikan jeda transfer musim panas. CIES Football Observatory merilis riset 100 pesepak bola paling berharga di dunia yang masih aktif bermain. Uniknya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bahkan tidak masuk dalam top 3 daftar tersebut.

Kemampuan kedua pemain itu masih luar biasa, tetapi riset ini menggunakan algoritma khusus yang merumuskan angka alias harga jual pemain berdasarkan beberapa variabel seperti: usia, status kontrak, posisi, menit bermain, jumlah gol, status internasional, dan hasil pertandingan tim.

Messi dan Ronaldo masih hebat. Messi, yang mencetak total 51 gol musim lalu menduduki peringkat keempat daftar tersebut. Dia memperoleh market value sebesar 167,4 juta euro.

Ronaldo, di sisi lain, mencetak 27 gol di musim pertamanya di Italia, tetapi fakta bahwa dia sudah berusia 34 tahun memengaruhi algoritma tersebut. Dia hanya dinilai sebesar 118 juta euro dan memperoleh peringkat ke-20.

Biarpun demikian, kedua ‘dewa sepak bola’ itu ternyata gagal menembus starting line-up pemain-pemain paling berharga. Harga jual Ronaldo dan Messi masih kalah jika dibandingkan dengan Mohamed Salah, dan Raheem Sterling

Starting line-up ini ditentukan oleh pemain-pemain paling mahal di setiap posisi. Pada posisi penjaga gawang, tentu ada Alisson Becker yang mencatatkan 21 clean sheets di Premier League musim lalu. Dia memikul market value 107,5 juta euro.

Alisson memulai dominasi Liverpool pada daftar 11 pemain paling berharga ini. Selain dia, di barisan bek ada Virgil Van Dijk dengan market value 112,1 juta euro, Andrew Robertson dengan market value 88,3 juta euro, dan Trent Alexander Arnold dengan 130,1 juta euro. Lalu ada Aymeric Laporte dengan market Value 105,4 juta euro yang melengkapi barisan empat bek.

Di lini tengah, ada Bernardo Silva dengan market value 136,9 juta euro. Dia ditemani Philippe Coutinho dengan 129,4 juta euro dan Paul Pogba untuk 125,1 juta euro.

Lalu, di barisan penyerang ada tiga pemuncak daftar. Kylian Mbappe dengan 252 juta euro (tertinggi), Mohamed Salah dengan 219,6 juta euro, dan Rahem Sterling dengan 207,8 juga euro

Leave a Reply