Berita Bola Liga Inggris

Sudah Berhasil Menang Atas Swansea, Pelatih Man City Malah Minta Maaf

Raksasa tim Premier League, Manchester City baru saja berhasil memetik kemenangan atas Swansea dalam gelaran perempat final FA Cup yang dihelat Minggu, 17 Maret 2019 dini hari WIB tadi. Akan tetapi pelatih Man City, Pep Guardiola merasa kurang puas dengan kemenangan timnya itu. Sebaliknya, Guardiola malah meminta maaf. Hal itu Guardiola lakukan lantaran ia menganggap kalau tim asuhannya menang karena ada unsur ditolong oleh tidak adanya teknologi VAR dalam pertandingan tersebut.

Swansea sejatinya tampil cukup mengejutkan di babak perempat final FA Cup hari ini. Bahkan mereka unggul 2-0 terlebih dahulu saat laga masih baru berjalan setengah jam. Kemudian Man City memecah kebuntuan lewat Bernardo Silva, disusul lagi gol kedua lewat Sergio Aguero dan kemudian ditutup oleh gol bunuh dini Kristoffer Nordfieldt. Kemenangan 3-2 City atas Swansea ini membuat City berhak atas satu tempat di semifinal FA Cup musim ini.

Pertandingan tersebut diwarnai dengan kontroversi. Laga tidak dilengkapi dengan kehadiran VAR yang seringkali bisa menjadi pemecah permasalahan di lapangan. Kontroversi terjadi saat gol Sergio Aguero terjadi. Jika teknologi VAR diterapkan, kemungkinan besar gol Aguero akan dianulir lantaran ia dinilai dalam posisi offside sebelum menerima umpan.

Tidak digunakannya VAR bukan lantaran Liberty Stadium, markas Swansea yang tidak dilengkapi oleh teknologi tersebut. Melainkan lantaran pihak FA yang melarang penggunaannya dan bersikukuh kalau teknologi tersebut hanya boleh dipakai dalam gelaran Premier League saja.

Kontroversi ini pun membuat Guardiola tidak puas dengan kemenangan timnya. Ia merasa kalau Man City menang dengan adanya keberuntungan disana dan bahkan Guardiola meminta maaf jika mungkin keputusan wasit ini merugikan pihak lawan. Guardiola begitu kecewa karena larangan penggunaan VAR oleh FA. “Di seluruh penjuru Eropa ada VAR, namun di sini tidak. Saya tidak suka menang dengan cara seperti ini. Saya meminta maaf. Sejujurnya saya tidak melihat itu. Jika itu bukan penalti, saya minta maaf. Jika itu offside, saya minta maaf. Mengapa tidak ada VAR disini? Itu adalah pertanyaan saya untuk otoritas terkait” tegas Guardiola, seperti yang dilansir oleh Goal.

Leave a Reply