Tottenham Imbangi Barcelona, Pelatih: Bukti Bahwa Semua Mungkin Terjadi
Berita Bola

Tottenham Imbangi Barcelona, Pelatih: Bukti Bahwa Semua Mungkin Terjadi

Hasil yang cukup baik diterima oleh Tottenham Hotspur dalam pertandingan terakhir di babak fase grup Liga Champions 2018/2019. Meskipun memang Tottenham tidak mampu menumbangkan Barcelona, namun hasil imbang 1-1 sudah cukup membuat tim asuhan Mauricio Pochettino ini dapat melangkahkah kaki ke babak 16 besar karena di pertandingan lainnya di grup B, Inter Milan ditahan imbang 1-1 juga oleh PSV.

Keberhasilan Tottenham untuk tidak kalah dari Barcelona diwarnai dengan beberapa kebentuntungan. Sebelum pertandingan di langsungkan, Tottenham telah berangkat dengan posisi yang cukup sulit dan tidak menyenangkan di papan klasemen grup B Liga Champions. Jika ingin melangkah ke babak 16 besar, Tottenham harus mengalahkan Barcelona untuk dapat memastikan diri ke babak 16 besar dengan posisi Inter Milan yang diunggulkan dan diprediksi dapat menumbangkan PSV pada jadwal yang bersamaan.

Namun ternyata hasilnya diluar prediksi, Inter hanya dapat puas dengan hasil imbang 1-1 atas PSV. Kendati Tottenham dan Inter sama-sama memetik hasil imbang 1-1, namun Tottenham lebih berhak untuk menempati posisi menuju 16 besar lantaran unggul head to head yaitu agresivitas gol tandang. Dengan kata lain Tottenham lolos dengan keunggulan yang sangat tipis.

Pochettino sendiri menilai bahwa keberhasilan tim asuhannya lolos dari fase grup ini merupakan pencapaian yang massif. Ia tak menampik kalau Tottenham Hotspur sempat khawatir akan hasil terakhir di babak penyisihan grup di Liga Champions. Kekhawatiran itu bahkan masih terbawa di ruang ganti pasca laga imbang atas Barcelona rampung dihelat dan menanti hasil dari Inter Milan kontra PSV.

Namun kabar baik pun kemudian datang untuk Tottenham. Pochettino pastinya tak dapat menutupi kebahagiaan karena timnya mampu memijakkan kaki di babak 16 besar. “Iru merupakan dua menit yang sangat sulit (menunggu hasil laga Inter Milan vs PSV) di ruang ganti. Namun pada akhirnya kita sangat bahagia lantaran saya berpikir ini merupakan torehan yang masif. Lolos ke babak selanjutnya di Liga Champions sangatlah penting untuk klub ini” terang Pochettino seperti yang dilansir dari laman resmi UEFA.

Tottenham yang tidak lebih diunggulkan dari Barcelona ternyata membuktikan diri bahwa apapun bisa terjadi di lapangan. Meski memang tidak menang, namun hasil imbang nyatanya sudah cukup membuat tim asuhan Pochettino lolos ke fase gugur. “Kami membuktikan bahwa semuanya mungkin terjadi di sepakbola apabila Anda mempunyai keyakinan. Setelah laga PSV, setiap laga adalah laga yang wajib untuk dimenangkan” pungkasnya.

Leave a Reply