Trauma Perang Saudara, Matic Tolak Kenakan Remembrance Poppy
Berita Bola Liga Inggris

Trauma Perang Saudara, Matic Tolak Kenakan Remembrance Poppy

Setiap tanggal 11 November, tim tim Inggris khususnya dan beberapa negara lain kerap merayakan sebuah hari bernama Remembrace day. Remembrance day dilakukan untuk mengingat jasa-jasa para pejuang Inggris dan juga negara negara sekutunya yang telah gugur pada perang dunia pertama. Perayaan ini sebenarnya dimulai di Amerika Serikat dan menyebar keseluruh dunia.

Dalam dunia sepak bola, perayaan Remembrance day dilakukan dengan mengenakan sebuah tanda bunga merah pada jersey mereka. Tanda bunga tersebut disebut dengan Remembrance Poppy atau disebut juga dengan bunga poppy. Simbol Remembrance poppy biasanya dikenakan di tengah bagian depan jersey sepak bola.

Meski merupakan sebuah hal yang positif, salah satu pemain Manchester United nyatanya menolak untuk mengenakan simbol Remembrance day, namun Matic punya alasannya sendiri. Menurut Matic, mengenakan simbol tersebut hanya akan menumbuhkan kembali memori buruk dalam dirinya.

Pasalnya Matic berasal dari Serbia yang dahulu pernah dilanda perang saudara berkepanjangan yang membuat banyak orang tewas dan sengsara. Pemain yang kini berusia 31 tahun ini menolak mengenakan simbol Remembrance day dan dirinya tidak ingin hal tersebut dipermasalahkan dan menjelaskannya.

“Saya sangat mengerti alasan orang-orang mengenakan poppies, saya menghormati alasan mereka menggunakan itu dan sangat bersimpati kepada siapapun yang kehilangan orang tercinta karena konflik. Meski demikian, untuk saya hal itu hanya akan mengingatkan pada serangan yang saya rasakan saat masih kecil, bocah 12 tahun asal Vrelo yang ketakutan karena negaranya hancur karena bom Serbia pada 1999. Melihat apa yang saya lakukan sebelumnya, saya rasa tidak tepat bila saya mengenakan poppy di jersey saya. Saya tidak bermaksud merendahkan makna poppy sebagai simbol kebanggaan orang Inggris Raya atau menghina siapapun. Meski demikian, kita semua punya masa lalu masing-masing dan ini merupakan pilihan saya untuk tidak memakainya. Saya harap semua orang mengerti karena saya sudah menjelaskan alasannya dan saya bisa fokus lagi membantu tim untuk laga-laga ke depan,” ujar Matic.

Leave a Reply