Berita Bola Liga Spanyol

Valverde Optimis Xavi Akan Jadi Pelatih Barcelona Suatu Saat Nanti

Manajer Barcleona, Ernesto Valverde meyakini bahwa legenda hidup Barca, Xavi Hernandez punya kemampuan yang mumpuni untuk menjadi juru taktik Barca suatu saat nanti. Optimisme Valverde pada potensi Xavi tersebut pastinya tidak lepas dari karena kontribusi besar Xavi sepanjang berseragam Barcelona dulu.

Xavi adalah mantan bintang Barcelona sebelum kemudian di tahun 2015 memutuskan untuk hengkang dan membela klub asal Qatar, Al Saad sampai dengan sekarang. Ia baru saja buka suara terkait rencananya untuk pensiun sebagai pemain profesional pada akhir musim mendatang. Bahkan juga Xavi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pelatih pasca pensiun sebagai pemain nantinya.

Rencan Xavi itu pun tentu menuai banyak respon dari publik dan kini giliran Valverde yang memberikan tanggapan. Valverde sendiri optimis kalau Xavi cepat atau lambat akan menjadi pelatih Barcelona. Diyakini oleh Valverde bahwa Xavi adalah sosok pelatih yang diharapkan oleh banyak orang untuk bisa melatih Barcelona suatu saat nanti.

“Saya tidak tahu apakah dia merupakan pemain terbaik, namun dia salah satu yang terbaik yang pernah ada pada sejarah sepak bola. Saya rasa semua orang berharap Xavi akan jadi pelatih dan dia mempunyai profil untuk jadi pelatih di Barcelona atau tim manapun” tutur Valverde dalam kesempatan konferensi pers jelang laga kontra Celta Vigo, seperti yang dilansir oleh Marca.

Jika bicara soal potensi Xavi melatih Barcelona, memang sang legenda berusia 39 tahun tersebut adalah sosok yang dirasa cocok berada di kursi kepalatihan Barca. Beberapa waktu yang lalu Xavi sempat menyebut dirinya bakal menerapkan filosofi Johan Cruyff serta La Masia saat nantinya jika betul akan melatih Barcelona.

“Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kita kembangkan selama bertahun-tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff serta dari La Masia. Juga contoh utamanya adalah dalam cara bermain Barcelona. Saya senang melihat tim yang mengambil inisiatif di lapangan. Sepakbola menyerang serta kembali ke tempat yang kita semua cintai dari masih muda. Sepakbola, penguasaan bola” ucap Xavi.

Leave a Reply