Berita Bola Liga Spanyol

Valverde: Solari Adalah Pelatih yang Baik

Tingginya rivalitas antara dua raksasa klub Spanyol, Barcelona dan Real Madrid sudah menjadi hal yang umum. Kendati demikian, bukan berarti orang-orang yang ada di dalam klub punya rivalitas di luar pertandingan. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tak segan untuk melayangkan pujian pada pelatih Real Madrid, Santiago Solari.

Valverde memandang bahwa Solari adalah pelatih yang sudah tepat untuk Madrid. Kualitas Solari pun dipandang oleg Valverde sudah sejajar dengan pelatih pendahulu Madrid yang sukses, Zinedine Zidane dan Jose Mourinho.

Pujian Valverde yang dilayangkannya untuk Solari ini menyusul karena Solari yang saat ini tengah banyak dibicarakan masa depannya di Madrid terancam. Dalam sepekan ini Solari disebut-sebut berpotensi untuk dipecat Real Madrid menyusul hasil buruk yang beberapa kali didapatkan oleh Madrid. Seperti yang diketahui, dalam sepekan yang lalu Madrid tersingkir dalam dua kompetisi langsung, Copa del Rey dan Liga Champions. Akan tetapi kegagalan dalam dua laga El Clasico secara beruntun yang dihelat di kandang Madrid digadang-gadang sebagai alasan terbesar mengapa Solari berpotensi untuk diberhentikan.

Sejauh ini El Real pun mulai dikaitkan dengan beberapa nama pelatih ternama di Eropa. Termasuk mantan pelatih mereka, Zinedine Zidane dan juga Jose Mourinho. Valverde pun mengakui kualitas kepelatihan dari kedua nama tersebut. Namun, ia juga mengakui kalau kualitas Solari tidak kalah bagusnya dengan Zidane dan Mourinho. Dengan kata lain, Valverde menilai kalau Solari sejatinya masih pantas untuk duduk di kursi kepelatihan Madrid.

“Solari adalah pelatih yang baik. Mereka (Zidane dan Mourinho) adalah pelatih yang bagus serta saya tidak pernah meragukan itu lantaran mereka telah membuktikan kemampuan mereka. Akan tetapi saya rasa Solari pun sama bagusnya dengan mereka” terang Valverde, seperti yang Goal International kabarkan.

Musim ini memang Madrid bisa dikatakan tampil tidak maksimal. Inkonsistensi permainan masih kerap melanda. Banyak yang menyebut kondisi ini dipengaruhi karena hengkangnya Zidane dari kursi kepelatihan Madrid dan sang megabintang, Cristiano Ronaldo yang memilih pindah ke Juventus.

Selepas Zidane hengkang, Madrid sempat merekrut Julen Lopetegui sebagai penggantinya. Namun, Madrid menunjukkan performa yang buruk sepanjang dinahkodai Lopetegui. Tak sampai setengah musim, Lopetegui pun dipecat dan Solari ditunjuk sebagai pelatih pada bulan Oktober 2018. Sejatinya Solari sempat mampu membawa Madrid menuai hasil yang positif hingga perlahan mengantarkan Madrid naik ke urutan ketiga pada papan klasemen ketiga La Liga. Namun sayang memang hasil positif tersebut belum bisa konsisten hingga Madrid harus tersingkir dari Copa del Rey dan Liga Champions musim ini.

Leave a Reply