Berita Bola Liga Inggris

Van Dijk Menjadi Kandidat Kuat Raih Gelar Ballon d’Or

Virgil van Dijk cukup berperan penting dalam pertandingan final Liga Champions tahun ini.  Tak heran jika banyak yang beranggapan bahwa dirinya mempunyai kontribusi besar ketika membawa Liverpool juara Liga Champions. Dengan performanya di lapangan hijau musim ini, sudah pantaskah Van Dijk mendapatkan penghargaan Ballon d’Or?

Sejak didatangkan oleh Liverpool dari klub Southampon pada Januari 2018 yang lalu, Van Dijk langsung jadi pertahanan utama di lini belakang Liverpool. Dirinya mengubah pola kekuatan bertahan The Reds yang tadinya mudah dijebol lawan kini menjadi sangat kuat.  Tak heran jika Liverpool membayar Van Dijk dengan biaya yang tinggi dan menjadikannya bek termahal dunia. Sayangnya kesempatan pertamanya untuk meraih trofi bersama Liverpool kandas setelah kalah 1-3 oleh Real Madrid di final Liga Champions tahun lalu.

Van Dijk tak terganggu dengan kekalahan itu dan performanya semakin menggila musim ini. Liverpool memang gagal menjuarai Premier League, tapi Van Dijk mendapat gelar pemain terbaik Premier League baik dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA). Kehebatannya dalam menjaga lini pertahanan Liverpool sehingga penjaga gawang Alisson Becker hanya kebobolan 22 gol adalah salah satu alasan performa Van Dijk yang gemilang. Namun, apalah arti gelar pemain terbaik jika tak berhasil membawa Liverpool menjadi juara.

Van Dijk pun membayar tuntas ketika membawa kemenangan Liverpool dengan skor 2-0 atas Tottenham Hotspur di pertandingan final Liga Champions, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB kemarin. Van Dijk jadi tembok pertahanan yang kokoh sehingga membuat pemain Spurs frustrasi. Opta mencatat bahwa Van Dijk menjaga ketat pemain lawan yang akan melewatinya dalam duel satu lawan satu selama 64 pertandingan terakhirnya. Salah satu performa yang memukau ketika dia menghentikan akselerasi Son Heung-Min di menit ke-71 walaupun sempat tertinggal satu langkah dari lawannya itu.

Maka dengan membawa trofi Liga Champions ini, Van Dijk pun diperkirakan pantas untuk meraih gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or. Dia bakal menyamai Fabio Cannavaro yang memenangi gelar tersebut pada 2006 setelah membawa Italia menjuarai Piala Dunia.

Leave a Reply